Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen

Authors

  • Dian Nitatalia Universitas PGRI Semarang
  • Ika Septiana Universitas PGRI Semarang
  • Susilowati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/teks.v9i1.436

Keywords:

penerapan, menulis, teks cerpen, model Experiential Learning

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran Experiential Learning dalam pembelajaran teks cerita pendek pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendekatan penelitian ini yaitu metode campuran (mix method) dengan sumber data kelas IX H total 34 peserta didik. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes yang berupa menulis teks cerita pendek dan nontes yang berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu memakai teknik triangulasi data dengan menggabungkan data tes dan nontes. Penyajian hasil analisis data dilaksanakan secara formal dan informal. Hasil penerapan ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Experiential Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran teks cerpen pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini didukung dari hasil rata-rata pretest sebesar 69,02% mengalami peningkatan ke hasil rata-rata posttest sebesar 89,59%. Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik menjadi lebih aktif, kreatif, dan sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran berlangsung, sehingga pembelajaran menjadi lebih kondusif dan menyenangkan.

 

References

Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Creswell, John W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Fathurrahman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2022. “Kurikulum Merdeka”. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka. Diakses pada 21 Oktober 2022.

Kurinarsih, Imas & Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2023 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Moningka, Clara. 2022. Buku Ajar Mata Kuliah Sosial Emosional Cetakan 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nasution, S. 2011. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngatmini, dkk. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Pranata, dkk. 2022. “Perwujudan Etika Islam dalam Bermedia Sosial Melalui Karya Jurnal Ilmiah Siswa Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Al Islam 1 Surakarta”. Surakarta: SMA Al Islam 1 Surakarta.

Septiana, Ika, dkk. 2023. “Implementasi Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Biografi Kelas X SMA Negeri 5 Semarang”. Semarang: Pascasarjana Universitas PGRI Semarang.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Peningkatan Kemampuan Menulis melalui Classroom Action Research). Jogjakarta: Pararaton.

Tarigan, Henry Guntur. 2021. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: penerbit Angkasa.

Downloads

Published

2024-05-31