Problematika Guru dalam Pembuatan Bahan Ajar Teks Prosedur Bermuatan Kearifan Lokal untuk Generasi Z

Authors

  • Najibul Mahbub MAN 1 Kota Pekalongan
  • Nazla Maharani Umaya Universitas PGRI Semarang
  • Harjito Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/teks.v9i1.447

Keywords:

Gen Z, foto cerita, teks prosedur, bahan ajar, kearifan local

Abstract

Pembelajaran yang baik, bahan ajar dan media harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Generasi Z tumbuh dengan teknologi digital, sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini menyoroti masalah kurangnya bahan ajar inovatif dalam mengajar teks prosedur di kelas XI karena kurang menarik. Selain itu, pengembangan bahan ajar ini juga bertujuan untuk mendukung kearifan local agar generasi Z mengetahui kearfian local yang ada di sekitar mereka. Studi kasus ini melibatkan guru bahasa Indonesia di MA Kota Pekalongan. Penelitian menggunakan pendekatan kepustakaan dengan metode kualitatif dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan foto cerita pembuatan batik  menjadi alternatif  bahan ajar teks prosedur dalam mendukung kearifan lokal.  Kota Pekalongan yang memiliki banyak pengrajin batik dapat menjadi sumber inspirasi untuk membuat foto cerita yang memvisualisasikan proses pembuatan batik. Melalui foto cerita pembuatan batik dapat memberikan solusi dalam kekurangan ajar bagi generasi Z.

References

Alwi, S.(2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/107.

Amirudin,A. dan Suryadi,A.(2016). Keragaman Media dan Metode Pembelajaran dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 pada Tiga SMA Negeri di Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016. Indonesian Journal of History Education.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Garfindo Persada

Elizabeth, Santosa T. 2015. Raising Children In Digital Era. Jakarta: Elex Media Computindo

Hellen Chou Pratama. 2012. Cyber Smart Parenting. Bandung: PT. Visi Anugerah Indonesia.

Hidayat, M. F., dan Arumsari, R. Y. (2017). “Perancangan Buku Photo Story”. e-Proceeding of Art & Design, 4 (3), Desember 2017, 596-603.

Mustafa,P.S.,Gusdiyanto, dkk. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Syamsussabri, dkk. 2018. Need Analysis of Materials and Media Biology Teaching for High School Students Around the Location of People Gold Mining. International Conference on Mathematics and Science Education (ICoMSE).

Wijaya, Taufan. 2016. Photo story handbook : panduan membuat foto cerita. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wawancara guru bahasa Indonesia MA Kota Pekalongan.

Downloads

Published

2024-05-31