Penerapan Media Flash Card dalam Pembelajaran Teks Cerpen Kelas IX SMPN 6 Semarang

Authors

  • Ulya Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/teks.v9i1.477

Keywords:

Teks Cerpen, Flash Card, Peningkatan

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode pembelajaran teks cerpen dengan berbantuan media flash card pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 6 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif . Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX E SMP Negeri 6 Semarang yang bertotal 34. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes serta nontes. Teknik tes berupa soal uraian analisis struktur teks cerpen serta teknik nontes berupa observasi selama proses pembelajaran dipraktikkan serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data. Penyajian hasil analisis data dilakukan secara formal serta informal. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, serta refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran teka cerpen dengan berbantuan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar, motivasi, serta minat belajar peserta didik secara signifikan. Peserta didik sangat antusias dengan pembelajaran berbasis permainan. Hal ini dibuktikan melalui hasil belajar peserta didik dengan perolehan nilai terendah 80 serta nilai tertinggi 100. Sementara itu, nilai yang diperoleh peserta didik pada hasil tes secara berutur-turut adalah 85, 90, dan 95. Secara keseluruhan, hasil belajar menunjukkan bahwa semua peserta didik mencapai keterangan tuntas KKTP dengan rata-rata 89,5. Berdasarkan hasil analisis data tes dan nontes, dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran teks cerpen dengan berbantuan media flash card dapat dijalankan dalam pembelajaran teks cerpen pada peserta didik kelas IX.

Author Biography

Ngatmini, Universitas PGRI Semarang

Dosen Bahasa Indonesia Universitas PGRI Semarang

References

Amri, S. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovtatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Angreany. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makasar . Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra , 138 - 146.

Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. (2013). Research design : Qualitative, quantitative, and mixed methods approachess. Sage publications.

Darmalaksana. (2020). Menulis artikel cepat meskipun tidak suka menulis. Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung , 1.

Hotimah. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI AR-Rochman Semarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 10-19.

Neuman. (2013). Social research methods : qualitative and quantitative approaches person.

Ngalimun. (Strategi dan Model Pembelajaran). 2016. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rohmawati, N. (2021). Analisis Penggunaan Media Audio Visual Interaktif untuk Meningkatkan Pembelajaran Teks Cerpen. Jurnal Tuturan.

Slavina. (2020). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media.

Sudaryanto. (2015). METODE DAN ANEKA TEKNIK ANALISIS BAHASA. Yogyakarta: Sanata Dharma University Ppress.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabet CV.

Sujana, N. (1991). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wismanto, A. (2015). Penulis Kreatif. Semarang: UPGRI Press.

Downloads

Published

2024-05-31