Penggunaan Media Peta Konsep dalam Menyusun Struktur Teks Cerpen Kelas IX SMPN Semarang

Authors

  • Kartika Tri Amanda Universitas PGRI Semarang
  • Ahmad Ripai Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/teks.v9i1.501

Keywords:

menyusun, pembelajaran, teks cerpen, peta konsep

Abstract

Penggunaan  media peta konsep dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menyusun struktur teks cerpen di kelas IX SMP. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitif. Data-data ini diperoleh dari hasil menganalisis struktur teks cerpen oleh peserta didik kelas IX SMP. Hasil data penelitian diperoleh melalui observasi. teknik tes, dan dokumentasi. Penggunaan teknik tes dalam pembelajaran menyusun struktur teks cerpen melalui media peta konsep. Penggunaan  melakukan penarikan kesimpulan analisis data dilakukan secara menduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk uraian penjelasan berupa kata-kata tertulis. Hasil analisis data yang diperoleh meliputi (1) penggunaan media peta konsep sesuai struktur teks cerita, (2) keterampilan peserta didik dalam menyusun struktur teks cerpen dengan media peta konsep, dan (3) penerapan penggunaan media peta konsep dalam menyusun struktur teks cerpen.

Author Biography

Ahmad Ripai, Universitas PGRI Semarang

Dosen PBSI Universitas PGRI Semarang

References

Asnawati AN 2022. Keefektifan Model Pembelajaran Roudtable terhadap Keterampilan Menulis Teks Cepen. Wahana Didaktika 180-191.

Gagne dan Briggs. 1979. Pengertian Pembelajaran. http://www.scribd.com/doc/50015294/13/B-Pengertian-pembelajaranmenurut-beberapa-ahli (diakses pada tanggal 1 November 2011)

Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar Dan Mengajar (Bandung: Sinar Baru, 2004)

Khusmayadi, Ismail 2010. Lebih Dekat dengan Cerpen. Jakarta:Grasindo.

Kusmayadi, Ismail. 2010. Lebih Dekat dengan Cerpen. Jakarta: Trias Yoga Kreasindo.

Media Indonesia, “Contoh-Contoh Cerpen” diakses 24 November 2022 pada , https://mediaindonesia.com/humaniora/539872/contoh-contoh-cerpen-singkat.

Nursinato, Penuntun Pengarang. Jakarta : Grasindo 2000.

Rahman, M. H., & Zulaeha, I. (2015). Keefektifan pembelajaran menyusun teks cerita pendek dengan model quantum dan project based learning (pbl) pada siswa smp. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).

Rahman, M. H., & Zulaeha, I. (2015). Keefektifan pembelajaran menyusun teks cerita pendek dengan model quantum dan project based learning (pbl) pada siswa smp. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).

Siswanto, Wahyudi dan Dewi Ariani. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Refika Aditama.

Syaiful Bahri, Djamarah, Guru dan Anak Didik (Jakarta: Rineka Cipta, 2010: 325).

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran (Bandung: Alfabeta 2003:61).

Yaumi, Muhammad. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2024-05-31