Penerapan Project-Based Learning dan Video Youtube Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kelas Vll SMPN 2 Banjarharjo Brebes

Authors

  • Dea Amalia Istiani Universitas PGRI Semarang
  • Asrofah UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Latif Anshori Kurniawan UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.26877/teks.v9i1.550

Keywords:

project-based learning, YouTube, Lis Achmady, teks prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan project-based learning dan video YouTube dalam pembelajaran menulis teks prosedur kelas Vll SMPN 2 Banjarharjo Brebes Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Pengumpulan data yang digunakan dengan teknik tes dan nontes berupa observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan menggunakan triangulasi. Penyajian hasil analisis data dilakukan secara formal dan informal. Berdasarkan hasil penerapan tersebut menunjukan bahwa pembelajaran project-based learning dan video YouTube dapat diterapkan pada peserta didik kelas Vll SMPN 2 Banjarharjo tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dapat didukung dengan peningkatan hasil rata-rata pretest 66, 21 meningkat menjadi 80,81. Selain itu hasil wawancara dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik dan memudahkan dalam membuat teks prosedur yang baik dan benar sehingga pembelajaran di kelas lebih kondusif.

References

Ali, M. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR (Vol. 3, Issue 1). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.

Kuswandi, S., Delia Putri, N., & Rakeyan Santang, S. (n.d.). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS V SD. Jurnal Tahsinia. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.

Minati, N., Asropah, A., & Umaya, N. M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Persuasi Bermuatan Lingkungan dengan Metode Brainstorming untuk Peserta Didik SMP di Kota Semarang. Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 169–179. https://doi.org/10.26877/teks.v8i1.15022.

Nisaiyah, Z., Wismanto, A., & Nayla, A. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 ROWOSARI KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 284–294. https://doi.org/10.26877/teks.v8i2.16334.

Nitatalia, D. N., Ngatmini, N. N., & Budiawan, R. Y. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 227–244. https://doi.org/10.26877/teks.v8i1.15557.

Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137–143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Yogyakarta. Alfabeta Bandung.

Suwarni, Suciati, S., & Harjito, H. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN TEKS HIKAYAT UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X DI KOTA SEMARANG. Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 213–226. https://doi.org/10.26877/teks.v8i1.15445.

Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Bandung. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-05-31