Peningkatan Motivasi Belajar Berbantuan Media Video dalam Pembelajaran Cerpen Kelas XI

Authors

  • Lutfi Ratnaningtyas Universitas PGRI Semarang
  • Asrofah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/teks.v9i1.636

Keywords:

Media Vidio, Pembelajaran Teks Cerpen, Peningkatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar siswa kelas XI SMK N 2 Semarang melalui penerapan media video YouTube dalam pembelajaran cerpen. Model pembelajaran yang dilakukan adalah dengan meggunakan metode video learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan oleh guru (peneliti) untuk meningkatkan hasil pembelajaran dengan mengubah metode, pendekatan, atau teknik yang biasa digunakan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI SMK N 2 Semarang, sedangkan objek penelitiannya adalah penggunaan media video YouTube berjudul "Panggonan Wuling" dalam pembelajaran materi teks cerpen. Dari hasil pengolahan data, terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat diamati melalui hasil tes yang dilakukan selama proses pembelajaran di kelas XI SMK N 2 Semarang. Pada siklus pertama, rata- rata nilai tes siswa adalah 70, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 90. Peningkatan motivasi belajar materi teks cerpen antara siklus I dan siklus II mencapai 28,5%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara hasil tes pada siklus pertama dan kedua, yang menandakan keberhasilan pembelajaran materi teks cerpen dengan menggunakan media video YouTube. Sebagai saran, penelitian ini menyarankan agar pembelajaran menggunakan media video YouTube dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam membantu siswa memahami materi pembelajaran teks cerpen. Implementasi media video YouTube dalam pembelajaran diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan minat serta motivasi mereka dalam mempelajari materi teks cerpen.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Arizal, J., Mardiati, M., & Jumiatik, J. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Video Youtube Pada Siswa Kelas Viii Smp Swasta Karya Kartini. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 50–59. https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.457

Djamarah, & Zain. (2015). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Kamisa. (1997). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Kartika.

Rayanda, A. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Rochiati, W. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya. Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sitepu, D. R. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Tanpa Media Audiovisual Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan Di Kelas XI SMA Swasta Esa Prakarsa T.A 2018/2019. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(1).

Sri, M., Nengah, M., & Gede, A. (2013). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 4

Soromadi Kabupaten Bima NTB. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2), 1–15. https://ejournal- pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/741

Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya.

Wicaksono, A. (2017). Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(1), 67–78. https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670

Downloads

Published

2024-05-31