Kemampuan Literasi Dalam Baca-Tulis Pada Pesertad Didik Kelas VIII SMPN 2 Banjarharjo Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Faras Yuniar Aulia Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang
  • Latif Anshori Kurniawan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/teks.v9i2.727

Keywords:

Enter, Kemampuan Literasi Baca-Tulis, Peserta Didik

Abstract

ABSTRAK: Peneliti|an ini bertuju|an untuk mendeskripsik|an kem|ampu|an liter|asi b|ac|a-tulis kel|as VIII SMPN 2 B|anj|arh|arjo Brebes. Jenis peneliti|an ini |ad|al|ah deskripsi ku|alit|atif. Pengumpul|an d|at|a dil|akuk|an deng|an metode tes, kuisioner, w|aw|anc|ar|a, d|an dokument|asi. Peny|aji|an h|asil |an|alisis d|at|a dil|akuk|an sec|ar|a inform|al. H|asil peneliti|an ini menunjuk|an b|ahw|a kem|ampu|an liter|asi b|ac|a-tulis kel|as VIII SMPN 2 B|anj|arh|arjo Brebes cukup rend|ah deng|an memperoleh nilai tes membaca dibawah rata-rata yaitu 53,7 dan tes menulis dibawah rata-rata 6,2 selain itu dipeng|aruhi oleh beber|ap|a f|aktor y|aitu f|aktor intern|al d|an f|aktor ekstern|al. F|akor intern|al meliputi kur|angny|a pem|ah|am|an pesert|a didik d|al|am b|ac|a|an, d|an membutuhk|an w|aktu untuk d|ap|at mem|ah|ami m|akn|a su|atu b|ac|a|an. F|aktor ekstern|al meliputi kur|angny|a perh|ati|an or|ang tu|a menj|adi |al|as|an pesert|a didik d|al|am bel|aj|ar, serta buku yang kurang pembaruan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hasil tes menunjukan bahwa peserta didik memperoleh nilai dibawah rata-rata. Selain itu juga didukung dengan adanya pernyataan angket peserta didik yang menunjukan bahwa peserta didik membutuhkan waktu yang cukup untuk dapat memahami isi bacaan dalam buku, dan membaca ulang untuk bias memahami bacaan. Dikuatkan dengan hasil wawancara kepala sekolah dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia juga menyatakan bahwa kemampuan literasi peserta didik masih harus dikembangkan lebih lanjut.

KATA KUNCI: Kemampuan Literasi Baca-Tulis , Peserta Didik.

References

Hardani et al. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

Julianto, S. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 1, 32–41.

Malik, M. S., & Maemunah, M. (2020). Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dasar (Studi Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 7-12 Tahun di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Tajungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(2), 195–214. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.5754

Susani, R. G. (2017). Menumbuhkan Keterampilan Literasi Baca Tulis Melalui Membaca Ekstensif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal of Chemical Information and Modeling, 1–13.

Downloads

Published

2024-10-10