KESALAHAN GRAMATIKAL PADA MATA KULIAH PRODUCTION ÉCRIT AVANCÉE OLEH MAHASISWA SEMESTER 5 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.26877/teks.v9i1.936Keywords:
Kesalahan gramatikal, Teks argumentatif, Bahasa PrancisAbstract
ABSTRAK
Menulis teks argumentatif bukanlah kegiatan belajar yang mudah untuk dilakukan oleh pembelajar bahasa asing, khususnya mahasiswa sastra Prancis. Oleh karena itu, kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam proses penulisan teks argumetatif ini tidak dapat dihindari. Salah satunya adalah kesalahan yang terjadi pada aspek gramatikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan pada aspek gramatikal yang terdapat pada teks argumentatif mahasiswa, dan untuk mengetahui frekuensi kesalahan yang paling sering dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari 25 teks argumentatif mahasiswa semester 5 Universitas Negeri Semarang pada mata kuliah Production Écrite Avancée. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa sering melakukan kesalahan pada kategori misformation yang terjadi sebanyak 81 kali dari 103 data atau setara dengan 78,6%. Kesalahan ini ditemukan terutama pada kategori nomina, sedangkan kesalahan dengan frekuensi terkecil adalah kesalahan misorderring error yang hanya terjadi sebanyak 2 kali dari 103 data atau setara dengan 1,9%.
References
Alfiah, A. U. (2022). ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL DALAM TUGAS EXPRESSION ÉCRITE 3 MAHASISWA SEMESTER III ANGKATAN 2019.
Awwaliyya, H., Samudra, T., & Mutiarsih, Y. (2021). 2021. Grammatical Errors in French Translation of the Short Story Moi et la Danse de Semarang, 330-337.
Budi, A. S. (2015). ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL PENULISAN ABSTRAK BERBAHASA INGGRIS PADA BEBERAPA JURNAL DI LINGKUNGAN POLITEKNIK NEGERI JEMBER. Jurnal Ilmiah Inovasi Politeknik Negeri Jember, 1-7.
Creswell, J. (2018). ). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication.
Dubois, J., Giacomo, M., Guespin, L., Marcellesi, C.,. (2002). DICTIONNAIRE DE LINGUISTIQUE. Paris: Larousse.
Dulay, H., Burt, M., & Krashen, S. (1982). Language Two. Oxford: Oxford University Press.
Hamon, A. (2016). Grammaire et Analyse. Vanves: Hachette Éducation.
Hasibuan, S. A., Tarigan, F. N. (2022). Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Mahasiswa dengan Metode WH-Questions. Jurnal Ilmiah KORPUS, 278-284.
Kushartanti dkk. (2009). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Mahendra, Y., Apriza, B., & Rohmani, R. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Ibu dalam Proses Pembelajaran dan Pergaulan Lingkungan Siswa. Jurnal Basicedu, 700-708.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: Sage Publication.
Nayla, A. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF DENGAN STRATEGI ANALISIS MODEL DAN STRATEGI KERJA BERPASANGAN BERMUATAN KONTEKS SOSIAL PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MENULIS MAHASISWA ANGKATAN 2016/2017 UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. TEKS: Jurnal Penelitian Bahsa, Sastra, dan Pengajarannya, 11-17.
Nita, O., & Naini, I. (2022). KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGKONTRUKSI TEKS ARGUMENTASI. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 221-236.
Pramesti, R., Mutiarsih, Y., & Darmawangsa, D. (2019). Grammatical Errors in French Translation: Case of Indonesian Students. FRANCISOLA, 55-66.
Wedasuwari, I. A. M., Ariyanthi, N. K. M., & Adikhara, I. N. A. (2022). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SIANGAN. SPHOTA: Jurnal Linguistik dan Sastra, 12-21.
