PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS BERITA KEARIFAN LOKAL UNTUK TINGKAT SMP KABUPATEN BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.26877/teks.v10i1.943Keywords:
Teaching materials, news text, local wisdomAbstract
This study aims to develop news text teaching materials based on local wisdom for junior high school students in Boyolali Regency. The study was conducted in Grade VII of SMP IT Nur Hasan Senting using a descriptive qualitative approach and the ADDIE development model. The results of the study show that: (1) The teaching materials were designed to address students' needs and align with the Merdeka Curriculum;(2) The content validation of the teaching materials falls under the "excellent" category;
(3) The results of the content feasibility validation received a score of 43 with an "excellent" rating, and the feasibility of the teaching material design received a score of 37, also rated as "excellent";
(4) Teacher assessment during the trial of the news text teaching materials received a score of 37 with an "excellent" rating, and the teaching materials were well-received by students, with an average score of 76.15.
References
DAFTAR PUSTAKA
A Lee, W. W. & Owens, D. L. 2004. Multimedia-based Instructional Design. California: Pfeiffer.
Abdussamad, Z., 2021. Metode Penelitian KualitatifMakassar: Penerbit CV Syakir Media Press
Abidin, Y.. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Reflika Aditama
Asti, Dyah. 2017. Penerapan Metode Partisipatori Dalam Pembelajaran. dyahanjar.blogspot.com. diakses 10 Juni 2022.
Berbudi, Gina, dan Julia, 2019. Pengaruh Metode Partisipatori terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan dan pengajaran (vol. 2 no. 2). JOEAI.
Chalim, 2018. Materi Produksi & Penyiaran Berita: Semester 5. Mojokerto: Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. Boston: Pearson.
Dosen Sosiologi. 2021. Pengertian Penelitian Partisipatori, Ciri, Syarat, dan Contohnya. DosenSosiologi.Com. diakses 10 Juni 2022.
Dwijayanti,I., Sutama, Md.I., Wisudariani, R., 2015. Analisis Materi Ajar Menulis Berita Kelas VIII SMP Negeri 3 Banjar. e-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol: 3 No:1(2015)
Fallahnda, B., 2022. Pengertian Kearifan Lokal: Fungsi, Karakteristik, dan Ciri-Cirinya.(https://tirto.id/pengertian-kearifan-lokal-fungsi-karakteristik-dan-ciri-cirinya-f9mi). Akses: 08/12/2022
Gall, M.D. Gall J.P., & Borg, W.R. (2007). Educational research an Introduction. Eight Edition, Boston: Pearson Education, Inc.
Gustiara, A., 2020. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Group Investigation Pada Siswa Kelas VIII SMP NEG. 5 Mandai. Makasar: FKIP- Universitas Muhammadiyah Makasar.
Hardani, 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.
Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Ilham, I., Ketaren, A., dan Meliza, R., 2021. Revitalisasi Nilai Kearifan Lokal dalam Penguatan Karakter di Era Disrupsi pada Masyarakat Suku Alas. Aceh Anthropological Journal, Volume 5, No. 2, 150-161, Oktober 2021 (P-ISSN: 2614-5561, E-ISSN: 2746-0436)
Ina Magdalena, Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini, Maulidia Ayu Fitriani, Amelia Agdira Putri, 2020. Analisis Pengembangan Materi Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial Volume 2, Nomor 2, Juli 2020; 170-187 Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Nusantara.
Jannah, M., 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas VIII B Mts Muhammadiyah Syuhada Makassar. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar
Kaimuddin, 2021. Pembelajaran Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Fkip Universitas Muslim Maros. Volume 1, 2019, Issn 2715-4866
Maman R., Krisna I., Anna R., 2016. Pengembangan Materi Prototipe Materi Ajar Cetak Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh: Studi Kasus Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 1, Nomor 2, Agustus 2016 p. 153.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Miles, M. dan Huberman, M., 1992. A Qualitative Data Analysis: A Source Book of New Metode. London: Saga Publication.
Murdiyanto, E., 2020. PENELITIAN KUALITATIF (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Press
Murniasih, S., 2017. Pengembangan Model Materi Ajar Menulis Berita Berbasis Koran Linggau Pos Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sumber Rejo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP-PGRI Lubuklinggau.
Njatrijani, R., 2018. Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, Edisi Jurnal (ISSN: 0852-011) Volume 5, Edisi 1,
Noviza, R., 2013. Peningkatan Menulis Teks Berita Dengan Media Rekaman Wawancara Pada Siswa Kelas VII SMP Islamiyah Sawangan Depok. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Parera dan Marzuki, 2020. Kearifan Lokal Masyarakat dalam Pembangun Kerukunan Umat Beragama Di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya - Vol. 22 No. 01 (June 2020). |Issn (Online) 2355-5963 |
Pidarta, Made. 2015. Perencanaa Pendidikan Partisipatori Dengan Pendekatan Sistem. Jakarta: RINEKA CIPTA
Radhitullah, 2022. Pengembangan Materi Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Tematis pada Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Tapaktuan Pionir: Jurnal Pendidikan Volume 11 No 2 2022 P-Issn 2339-2495/ E-Issn 2549-6611
Rahayu, Y.T., 2018. Penerapan Metode Partisipatori Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas VI SDN 6 Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016-2017. Else (Elementary School Education Journal)Volume 2 Nomor 2 Agustus 2018
P-Issn: 2581-1800 E-Issn: 2597-4122
Rahmat, A., dan Mirnawati, M., 2020. Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat . Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo
Rayanto, Y.H. dan Sugianti, 2020. Penelitian Pengembangan Model Addie dan R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga academic dan institute
Rosadi, E, 2019. Boyolali: Kebudayaan Jawa. https://www.academia.edu/ [akses: Senin, 15 Mei 2023]
Sari, F., 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Partisipatori Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp Negeri 3 Rambah. Riau: Universitas Pasir Pengaraian.
Solchan, A., 2020. Eksplorasi Kualitas Dan Kelayakan Penyajian Teks Berita Media Massa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Sebagai Media Pembelajaran Siswa. Surakarta: UMS
Suci, N. A., Suprapti dan Hari B. M., 2016. Pengembangan Materi Ajar Menulis Berita Peristiwa Multikultural dengan Pendekatan Kontekstual. JPBSI 5 (1) (2016). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. http://journal. unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi
Sudjana,. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. BANDUNG: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Suharsimi, 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
________, 2012. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA
_________, 2004. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif . Bandung: ALFABETA
_________, 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA
Suyana,N., Ati, A.P.,Widiyarto, S., 2018. Metode Partisipatori untuk peningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi pada Siswa MTS Nurul Hikmah Kota Bekasi. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Utami M., 2022. Pengembangan Materi Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, Vol. 5 No. 2 Agustus 2022. e-ISSN 2715-4777. p-ISSN 2088-5733 . https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi
Wibowo, Hari. 2020. Model pemebelajaran teks berita. guruberbagi@kemdikbud.go.id. Diakses 8 Juni 2022.
Wagiran, 2011. Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal Dalam Mendukung Visi Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2020. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, Volume III, Nomor 3, Tahun 2011. ISSN 2085-9678. Hlm. 85-100.
Yusufien, S., Boeriswati, E., & Utami, S. (2024). Pengembangan Materi Ajar Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Berbasis Media Wakelet: Penguatan KompetensiKaidah Bahasa Indonesia. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 93-107. doi:http://dx.doi.org/10.29300/ disastra.v 6i1.3311
Yuberti, 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Materi Ajar dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA) Publisher.
Yuniawati, D. L. 2013. Teknik Dokumentasi Teknik Pengumpulan Data. Teks- id.123d




