Kekerasan terhadap Perempuan dalam Novel Nyutrayu karya Joko Gesang Santoso

Authors

  • Zahrotul Mawaddah Suyono Universitas PGRI Semarang
  • Harjito Universitas PGRI Semarang
  • Ika Septiana Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/teks.v9i2.945

Keywords:

Kekerasan, perempuan, novel

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kekerasan terhadap perempuan dalam novel Nyutrayu karya Joko Gesang Santoso. Metode penelitian dalam penelitian adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik simak catat. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data. yaitu menggunakan kartu data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan yang mengalami kekerasan seperti kekerasan fisik, seksual, psikologis, struktural dan pelecehan seksual akibat dari kekuasaan yang patriarki. Tokoh perempuan yang mengalami kekerasan dalam novel Nyutrayu, yaitu Aran, Seorang Gadis, Perempuan yang dijual sebagai pekerja seks, Sina, Sawit, dan Lara yang dapat dilihat dari tingkah laku tokoh, dialog tokoh, penggambaran tokoh melalui tokoh lain, pikiran tokoh, dialog tokoh lain dan dialog antartokoh. Tokoh-tokoh perempuan tersebut seperti tidak memiliki kedudukan sehingga terus mengalami kekerasan dan dianggap tidak penting. Kekerasan yang dialami perempuan menyebabkan perempuan mengalami trauma, membenci laki-laki, mencoba bunuh diri, membiarkan diri dianiaya, menyerahkan diri diperkosa secara paksa, memilih hidup seorang diri, dan mencongkel kedua mata agar tidak dapat melihat masa depan dan masa lalu. 

References

Fakih, Mansour. 1996. Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hardani, Sofia dkk. 2010. Perempuan dalam Lingkaran KDRT. Riau:Pusat Studi Wanita:Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim

Nurlaily, Siti dkk. 2022. “Kekerasan terhadap Tokoh Perempuan dalam Novel Prasetyane Wanita Karya Tulus Setiyadi Kajian Feminisme”. Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya. Vol. 3(2). Hlm. 16-28.

Putri, Andini Gita. 2023. “Kekerasan terhadap Perempuan dalam Novel Pedhut Kembang Desa Karya Tulus Setiyadi (Kajian New Historicism)”. Jurnal Online Baradha. Vol. 19(2). Hlm. 240-257.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rofiqoh, Rieskie Ari, Nuning Zaidah, dan Yuli Kurniati Werdiningsih. 2021. “Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Novel Kupu Wengi Mbangun Swarga Karya Tulus Setiyadi (Kajian Feminisme Sastra)”. JISABDA. Vol. 2(2). Hlm. 31-43.

Santoso, Joko Gesang.2022.Nyutrayu.Jakarta:PT Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-10-10