Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi dengan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Kelas VII SMP di Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.26877/teks.v9i2.985Keywords:
bahan ajar, teks deskripsi, Multimedia Pembelajaran InteraktifAbstract
ABSTRAK: Tukijo.2024.”Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi dengan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Kelas VII SMP di Kota Semarang”. Tesis. Pembimbing I Dr. Sri Suciati, M.Hum, Pembimbing II Prof. Dr. Harjito, M.Hum. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar pembelajaran teks deskripsi dengan multimedia pembelajaran interaktif untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian dilakukan menggunakan metode Reseacrh and Development oleh Borg and Gall. Tahap pengembangan bahan ajar meliputi ; 1) analisis kebutuhan bahan ajar melalui studi pustaka, penyebaran angket, wawancara, observasi kepada guru dan siswa; 2) tahap perencanaan meliputi kesiapan anggaran, waktu, dan tenaga; 3) tahap penyusunan draft bahan ajar; 4) tahap uji validasi bahan ajar yang dilakukan dengan cara menghadirkan pakar atau ahli( expert judgement) dan guru; 5) tahap revisi I draft bahan ajar; 6) tahap uji coba bahan ajar di dua sekolah penelitian; 7) tahap revisi II bahan ajar; 8) tahap FGD(Focus Group Discussion) dengan menghadirkan guru, pakar, siswa, dan atasan langsung secara informal; 9) Tahap revisi III bahan ajar; dan 10) menganalisis hasil uji coba, menyempurnakan bahan ajar, dan pembuatan laporan. Hasil penilaian validasi pakar 1 94,05% atau dalam kriteria mendapat predikat sangat layak dan pakar 2 mendapatkan 96,43% atau jika dikonversikan ke dalam kriteria mendapat predikat sangat layak diujicobakan. Setelah validasi, bahan ajar diujicobakan di sekolah dan diperoleh hasil dari rekapitulasi respon terhadap bahan ajar pembelajaran teks deskripsi dengan multimedia pembelajaran interaktif di sekolah 1 mendapat 91,7 % dengan kategori sangat layak, dan di sekolah 2 mendapat 92,2% atau dengan predikat sangat layak.
KATA KUNCI: : Bahan Ajar;Teks Deskripsi;Multimedia Pembelajaran Interaktif.
>
ABSTRACT: Tukijo.2024.”Development of Descriptive Text Instructional Materials with Interactive Learning Multimedia for Seventh-Grade Junior High School Students in Semarang City”. Thesis. Advisor I Dr. Sri Suciati, M.Hum, Advisor II Prof. Dr. Harjito, M.Hum. This research has the objective to develop instructional materials for teaching descriptive text using interactive multimedia for seventh-grade students in junior high school. The research was conducted using the Research and Development (R&D) method by Borg and Gall. The development stages of the instructional materials included: 1) needs analysis through literature review, questionnaire distribution, interviews, and observations with teachers and students; 2) planning stage, which included budget, time, and personnel preparation; 3) drafting the instructional materials; 4) validation testing of the instructional materials, conducted by involving experts (expert judgment) and teachers; 5) first revision of the instructional materials draft; 6) field testing of the instructional materials in two research schools; 7) second revision of the instructional materials; 8) Focus Group Discussion (FGD) involving teachers, experts, students, and direct supervisors informally; 9) third revision of the instructional materials; and 10) analysis of the field test results, refinement of the instructional materials, and report writing. The expert validation results showed that Expert 1 rated the materials at 94.05%, categorizing them as highly suitable, and Expert 2 rated them at 96.43%, also categorizing them as highly suitable for testing. After validation, the instructional materials were tested in schools, resulting in a score of 91.7% with a highly suitable category in School 1, and 92.2% with a highly suitable category in School 2.
Keywords: Instructional Materials;Descriptive Text;Interactive Learning Multimedia
References
DAFTAR PUSTAKA
Arshal Zairuby Harahap, Abdul Razak, Charlina Charlinav. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Teks Deskripsi untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia. Vol 5, No 2 (2021): Agustus
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting dalam Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media
Dwi Surjono, Herman.2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Jogjakarta: UNY Press
Harsiati, Titik, Agus Trianto, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.
Ida Rusmiyati, Joko Nurkamto, Samsi Haryanto. Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMP Negeri 2 Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran.Vol.2, No.2, hal 171 – 184, Edisi April 2014
Linda Apriyanti, Sumarti, Nurlaksana Eko Rusminto. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Teks Deskripsi Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas VII. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Mei 2019
Mahnun, Nunu. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal An Nida. Vol 37, No 1 (2012)
Ninik Nurhidayati, Harjito, Suwandi. Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Dengan Media Bagan Berbasis Kontekstual Untuk SMP Kelas VII Kota Semarang. Jurnal TEKS. Vol 5, No 2 (2020)
Nopriyanti dan Putu Sudira. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 2, Juni 2015
Purba, Kuras.2023. Penelitian dan Pengembangan.Bandung: Yrama Widya
Riswanti Eni, Sri Suciati, Harjito. 2022. Peluang Pengembangan Pembelajaran Puisi di SMP dengan Teknik Akrostik. Jurnal TEKS, Vol.7.No.2 2022.
Rusmiyati Ida, Joko Nurkamto, Samsi Haryanto. Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMP Negeri 2 Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2, No.2, hal 171 – 184, Edisi April 2014
Salim&Haidir. 2014. Strategi Pembelajaran; Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Mengajar Siswa secara Transformatif. Medan: Perdana Publishing.
Sinta Dayyana, Haryadi, Deby Luriawati N. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Bermuatan Budaya Lokal. Volume 11 No. 2, Juli 2022
Subarna, Rakhma, dkk. 2021. Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Puskurbuk, Kemendikbudristek
Sugiyono.2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian &Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Warsita,Bambang.2008.Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Wita Oktavia, Hary Soedarto Harjono. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 2020.