IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CPS BERBANTUAN CHOCOLATE BALLOON UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IX
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.678Keywords:
Chocolate Balloon, CPS, Pemecahan Masalah Matematika SiswaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa selama diterapkan model pembelajaran CPS berbantuan chocolate balloon pada materi bola dan 2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran CPS berbantuan chocolate balloon pada materi bola. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah Pagaralam sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa selama penerapan model pembelajaran CPS berbantuan chocolate balloon dikategorikan baik yang dilihat dari aktivitas berdasarkan indikator/deskriptor kemampuan pemecahan masalah matematika. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran CPS berbantuan chocolate balloon dikategorikan sangat baik yang dilihat dari nilai rerata hasil tes siswa. Sehingga, model pembelajaran CPS berbantuan chocolate balloon sangat sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran matematika terutama pada materi luas permukaan bola
References
Daimah, U. S. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. 04(02), 131–139.
Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118.
Fariha, & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Polya. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 43–59.
Jatmiko, J. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 3(1), 17–20.
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39–53.
Lucky, Y., & Julyanti, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 12(1), 1408–1416.
Maqsudah, B. (2020). Pemanfaatan Media Pasir Dan Tali Koor Untuk Menemukan Rumus Volume Dan Luas Permukaan Bola Pada Pembelajaran Matematika. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1(3), 276–282.
Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika : Suatu Kajian Pustaka. 4, 1–20.
Mauleto, K. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Indikator Nctm Dan Aspek Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Kelas 7B Smp Kanisius Kalasan. JIPMat, 4(2), 125–134.
Melinia, E. A., Widyaningrum, I., Widiawati, & Rahayu, C. (2023). Problem Solving Menggunakan Math Ladder Terhadap Pemecahan Masalah Matematika. 12(1), 228–237.
Nopitasari, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103–112.
Sari, R. K., Goretty, M., Ariyanto, L., & Purwati, H. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra. Eksponen, 13(1), 1–23.
Soemarmo, U., & Hendriana, H. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT. Refika Aditama.
Tambunan, L. O. (2021). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 362.
Turmuzi, M., Sripatmi, Syahrul Azmi, S., & Hikmah, N. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA IMPLEMENTATION. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.
Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas penerapan model pembelajaran creative problem solving (cps) terhadap hasil belajar siswa pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 01.
Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Pengembangan model pembelajaran creative problem solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 191–205.
Widiawati, Rahayu, C., & Widyaningrum, I. (2018). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Bola Di Kelas IX. AKRAB JUARA, 3.
Yuwana, C. A. R., Rahmawati, N. D., & Harun, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp. JIPMat, 8(1), 1–10.
Ziatdinov, R., & Valles, J. R. (2022). Synthesis of Modeling, Visualization, and Programming in GeoGebra as an Effective Approach for Teaching and Learning STEM Topics. Mathematics, 10(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Yulia Ahlamiyah Yulia, Widiawati Widiawati, Indah Widyaningrum Widyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.