Remediation of Student Errors in Solving Work and Energy Problems Using the Fast Feedback Method
DOI:
https://doi.org/10.26877/jp2f.v16i2.1790Keywords:
remediation, fast feedback, PolyaAbstract
The study aims to determine the effectiveness of the fast feedback method based on problem-solving according to Polya in remediating student errors in solving work and energy problems at SMP Negeri 4 Dedai. This study is in the form of a pre-experimental study with a one-group pre-test post-test design. The sample of this study consisted of 22 students from class VIII B, which was the experimental class. The data collection tool was a 5-item essay test validated (validity level of 3.6 in the moderate category) and tested for reliability (reliability level of 0.489 in the moderate category). The study results showed an average percentage decrease in student errors in the experimental class of 90.2%. The effectiveness of remediation showed a proportion price of 0.886%. It is hoped that this study can be used as an alternative to student error remediation methods in solving problems on work and energy materials.
References
[1] Pristiwanti D, Badariah B, Hidayat S and Dewi R S 2022 Pengertian pendidikan Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4 7911-15
[2] Armana I, Lasmawan I W and Sriartha I P 2020 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Jurnal Pendidikan IPS Indonesia 4
[3] Lestari D, Asbari M and Yani E E 2023 Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan Journal of Information Systems And Management 02
[4] Hermawan H, Menengah S, Negeri P, Bogor K, Nomot J S, Sempur K and Tengah K B 2022 Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA tentang Pengukuran Alat Ukur yang Sering Digunakan dalam Kehidupan Sehari-Hari Di SMP Negeri 11 Kota Bogor EDUKHA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 3 76-87
[5] Santika G N, Suastra W, Bagus I and Arnyana P 2022 Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Jurnal Education and Development 10 207-12
[6] Lestari W Y, Surtikanti H K, Rahman T and Riandi R 2025 Analisis Ketersediaan dan Standarisasi Sarana Prasarana Laboratorium IPA dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP Jurnal Pendidikan Mipa 15 194–203
[7] Khotimah K, Muhammad N, Achmad R, Sahjat S, Program M, Pendidikan Fisika S, Program D and Fisika S P 2021 Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbantuan Model Direct Instruction (Di) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Kota Tidore Kepulauan Pada Konsep Gerak Lurus SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA 6 2087–3816
[8] Safitri G, Sitompul S S and Hamdani H 2022 Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Listrik Statis Menggunakan Four Tier Diagnostic Test Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual 6 593
[9] Yusuf Y H M, Astiti K A, Lalus H F and Haba T 2022 Analisis kesulitan Siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika menggunakan teori Polya pada materi fluida dinamik Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia 12 140-146
[10] Damar Jati Pangestu K, Saifuddin Zuhri M and PGRI Semarang U 2021 Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Pemecahan Masalah Polya Ditinjau dari Gaya Belajar Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 3 206–14
[11] Amelia E A, Maison Mand Kamid K 2021 Pengembangan E-Modul Menggunakan 3d Pageflip Professional Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Smp Pada Materi Tekanan Zat Cair EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika 6 72-83
[12] Saputri D F and Sukadi E 2019 Penggunaan LKS Berbasis Analisis Kesalahan Siswa untuk Meremediasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Materi Usaha dan Energi Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 7 53
[13] Aprillia Narumi S 2021 Penerapan Fast Feedback dalam Pembelajaran Discovery Pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Adversity Quotient PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 4 406–15
[14] Komara I B, Murron F S, Heryanto D and Zaman M F 2024 Peran feedback peserta didik dalam efektivitas pembelajaran terdiferensiasi di sekolah dasar DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 8 589
[15] Putri W P, Fauziyah S, Khair M U I and Gusmaneli G 2024 Efektivitas Penerapan Teknik Umpan Balik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2 01-13
[16] Novitasari J, Pujiastuti H, Sudiana R, Sultan U and Tirtayasa A 2022 Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa menurut teori polya dalam menyelesaikan soal cerita matematika Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika 3 231-235
[17] Sastro Slamet S 2020 Hubungan Strategi Umpan Balik (Feedback), Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PPKn di SMK PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran 5
[18] Putri K E 2024 Penerapan Strategi Conceptual Change Text (Cct) Melalui Media Interaktif Nearpod Untuk Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Tekanan Hidrostatis Dan Hukum Archimedes (Doctoral dissertation, Universitas Jambi)
[19] Nainggolan B V H and Listiani T 2024 Pentingnya Pemberian Umpan Balik untuk Memperbaiki Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 4 55-68
[20] Santosa T A, Sari W, Suar A and Jalwis J 2020 Pengaruh penggunaan umpan balik (feedback) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4 185-195
[21] Rahayu S 2022 Penerapan Strategi Polya Pada Pembelajaran IPA Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Di Kelas VII MTs Muhammadiyah Punnia Kabupaten Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare)
[22] Istiqomah N 2020 Penerapan Model Pemecahan Masalah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Perbandingan dan Skala Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 8