Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Liveworksheet
DOI:
https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.164Keywords:
Discovery learning, Liveworksheet, Hasil Belajar, AktivitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di salah satu SMA Negeri di Kota Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 melalui model discovery learning berbantuan liveworksheet. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 7 di salah satu SMA Negeri di Kota Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran,lembar evaluasi dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi berupa lembar pengamatan yang dilakukan selama proses pembelajaran dan tes berupa soal isian yang diberikan kepada siswa pada akhir setiap siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan Teknik Analisis Deskriptif Kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan model discovery learning terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Pada aktivitas visual diperoleh peningkatan sebesar 11%. Pada aktivitas oral diperoleh peningkatan sebesar 12%. Pada aktivitas mendengarkan sama seperti aktivitas visual yakni diperoleh sebesar 11%. Pada aktivits menulis terjadi peningkatan aktivitas sebesar 13,5%. Pada aktivitas emosional diperoleh hasil peningkatan sebesar 10,5%. Sedangkan untuk hasil belajar yang diperoleh siswa juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yakni sebesar 13%.