Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berdasarkan Gaya Belajar Kolb dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Zakiyatul Miskiyyah Universitas PGRI Semarang
  • Lukman Harun
  • Nur Hidayatul Fitri

DOI:

https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.166

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Gaya Belajar Kolb, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilandasi dari hasil belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas X-L masih rendah, kurangnya daya tarik siswa terhadap pembelajaran matematika, banyak siswa yang belum mengetahui gaya belajarnya. Teknik pengumpulan data yang digunakakan adalah tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah Deskriptif nratif dan statistik deskriptif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan penelitian untuk melakukan penelitian ini melalui dua siklus. Pada pembelajaran Pada pra siklus terdapat 13 siswa yang tuntas dengan presentase 36,2% dan rata-rata nilai yang didapatkan sebesar 54. Pada siklus I terdapat 23 siswa yang tuntas dengan presentase 63,8% dan rata-rata nilai yang didapatkan sebesar 79,9. Pada siklus II terdapat 30 siswa yang tuntas dengan presentase 83,3% dan rata-rata nilai yang didapatkan sebesar 81,14. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil hasil belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas X-L SMA Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berdasarkan gaya belajar.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Miskiyyah, Z., Harun, L. ., & Fitri, N. H. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berdasarkan Gaya Belajar Kolb dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 18–29. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.166