Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Berbantuan Media Tokoh Idola pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.168Keywords:
Media, Tokoh Idola, , Menulis BiografiAbstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh data dan mengetahui apakah media tokoh idola berpengaruh terhadap keterampilan peserta didik menulis khususnya teks biografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian yaitu 36 peserta didik kelas X-3 dengan pengumpulan data berupa tes. SPSS 16 digunakan untuk menganalisis data untuk mencari mean, uji normalitas variabel, serta menguji paired sample t-test. Nilai mean awal siklus yaitu 67,28, pada siklus I meningkat menjadi 81,00, serta pada siklus II meningkat menjadi 87,11. Hasil normalitas uji Saphiro-Wilk, menunjukkan nilai sebelum penggunaan media tokoh idola bersignifikansi 0,010 > 0,05, sedangkan nilai sisudah penggunaan media tokoh idola bersignifikansi 0,018 > 0,05. Disimpulkan bahwa distribusi penelitian adalah normal. Berdasarkan hasil paired sample test, signifikansi ₂tailed < 0,05 dengan perolehan 0,000 < 0,05, dengan thitung > ttabel (12.848> 2,030), maka menunjukkan bahwa Hipotesis awal di tolak dan Hipotesis akhir diterima. Dapat disimpulkan penggunaan tokoh idola berpengaruh pada keterampilan menulis biografi peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 5 Semarang.