Peningkatan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model PBL dan Media Infografik pada Peserta Didik SMA Negeri Di Semarang

Authors

  • Tyas Noor Rachma Universitas PGRI Semarang
  • Arisul Ulumuddin
  • Sudiyati Sudiyati

DOI:

https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.169

Keywords:

Penelitian tindakan kelas, menulis teks biografi, model PBL

Abstract

Tujuan penelitian PTK yaitu meningkatkan keterampilan menulis teks biografi menggunakan model PBL dan media infografis. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis teks biografi kelas XA SMAN6 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tahapan dalam penelitian PTK yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik deskriptif komperatif dan pengumpulan data berupa tes dan non tes.  Kegiatan yang dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Berdasarkan penelitian tersebut disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis teks biografi menggunakan model PBL dan media infografis dengan tiga tahapan dan nilai rata-rata setiap siklusnya meningkat yaitu prasiklus (60,7), siklus I (70,9), dan siklus II (85,8). Kedua, data perilaku peserta didik pada kegiatan prasiklus tergolong rendah yaitu hanya 15% dalam katagori kurang. Untuk kegiatan pada siklus I meningkat dari pada kegiatan prasiklus yaitu 60% dalam katagori baik dan pada kegiatan siklus II perilaku peserta didik tergolong sangat baik dikarenakan ada perubahan perilaku hingga 95%. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan baik keterampilan menulis teks biografi maupun perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Rachma, T. N., Ulumuddin, A. ., & Sudiyati, S. (2023). Peningkatan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model PBL dan Media Infografik pada Peserta Didik SMA Negeri Di Semarang. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.169