Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas 2 SDN Wonolopo 01 Semarang

Authors

  • Titi Cahyaningrum Widyadhana Universitas PGRI Semarang
  • Aryo Andri Nugroho
  • Ristanti Ristanti
  • Guntoro Bayu Sari

DOI:

https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.170

Keywords:

Hasil belajar, Discovery learning, KKM

Abstract

Dalam pembelajaran di SDN Wonolopo 01 Semarang   kelas 2 permasalahan yang telah ditemui adalah Berdasarkan hasil belajar dari prasiklus pembelajaran tematik tema 8 dikelas II B SDN Wonolopo 01 Semarang teradapat 5 peserta didik yang tuntas dari 28 peserta didik dengan persentase ketuntasan 18% dan terdapat 23 peserta didik tidak tuntas dari 28 peserta didik dengan persentase ketidak tuntasan 83%. Kriteria ketuntasan minimal ( KKM) temeatik di kelas IIB SDN Wonolopo 01 Semarang 80 sedangkan rata-rata nilai perserta didik pada pembelajaran prasiklus yaitu 56. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal menjadi sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang diinginkan. Metode penelitian menggunakan triangulasi teknik dalam pengumpulan datanyaobservasi,  ters  dan  dokumentasi.  Hasil  dari  penelitian  ini  siklus  1  sampai  siklus  3  mengalami peningkatan. Pada prasiklus pembelajaran persentase nilai tuntas sebesar 18 %. Dari hasil prasiklus melakuan perlakuan tindakan kelas dengan menggunakan model discovery learning. Pada siklus 1 persentase nilai tuntas sebesar 33 % dan siklus 2 persentase niali ketuntasan 47% serta pada siklus 3 mengalami ketuntasan sebesar 58%. Hasil kenaikan yang dilakukan pada model discovery learning dikelas 2 Temas 8 mengalami kenaikan sebesar 69%.

 

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Widyadhana, T. C., Nugroho, A. A. ., Ristanti, R., & Sari, G. B. . (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas 2 SDN Wonolopo 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.170