Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD 2 Mijen Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning

Authors

  • Risti Astuti Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito
  • Qibtiyah Qibtiyah

DOI:

https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.172

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, model Problem Based Learning, hasil belajar.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD 2 Mijen dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model Problem Based Learning  pada siswa kelas II SD 2 Mijen. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD 2 Mijen yang terdiri dari 15 siswa. Prosedurnya meliputi dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Ukuran ketuntasan kelas minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas II SD 2 Mijen mencapai hasil belajar yang lebih baik apabila menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning. Hal ini tercermin dari rata-rata skor Siklus I sebesar 75 dengan nilai capaian sebesar 73%. Hasil belajar siswa dari Siklus I meningkat pada Siklus II yaitu 83 dengan capaian ketuntasan belajar klasikal 93%. Sehingga dapat dipahami bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SD 2 Mijen.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Astuti, R., Prayito, M. ., & Qibtiyah, Q. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD 2 Mijen Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 73–83. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.172