Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD 2 Mijen Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.172Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, model Problem Based Learning, hasil belajar.Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD 2 Mijen dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas II SD 2 Mijen. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD 2 Mijen yang terdiri dari 15 siswa. Prosedurnya meliputi dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Ukuran ketuntasan kelas minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas II SD 2 Mijen mencapai hasil belajar yang lebih baik apabila menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning. Hal ini tercermin dari rata-rata skor Siklus I sebesar 75 dengan nilai capaian sebesar 73%. Hasil belajar siswa dari Siklus I meningkat pada Siklus II yaitu 83 dengan capaian ketuntasan belajar klasikal 93%. Sehingga dapat dipahami bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SD 2 Mijen.