Meningkatkan Konsep Diri Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama
DOI:
https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.231Keywords:
konsep diri, teknik sosiodrama, bimbingan kelompokAbstract
Fenomena yang terjadi berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa masih ada banyak siswa yang memiliki konsep diri yang rendah, sehingga mengganggu kegiatan belajarnya di sekolah. Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai yakni untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan konsep diri siswa. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan menggunakan dua siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMA Negeri 9 Semarang dengan memfokuskan pada 7 siswa yang memiliki skor konsep diri yang berada pada kategori rendah. Metode pengumpulan data menggunakan instrument observasi dan skala konsep diri. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif komparatif. Dari hasil rata-rata tingkat konsep diri siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 126,4 yang berada pada kategori sedang. Setelah diberikan perlakuan rata-rata tingkat konsep diri siswa meningkat di siklus I menjadi 140 dan pada siklus II meningkat menjadi 154,8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa diperkuat dengan adanya perubahan rata-rata pada kondisi awal menuju siklus I sebesar 71,4% dan pada siklus II mampu meningkatkan konsep diri siswa sebesar 28,6% dari siklus I.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Guru Profesional
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.