Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan E-Modul Matematika
DOI:
https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.232Keywords:
Keterampilan Kolaborasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, E-Modul, PBL, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran matematika di kelas XI-3 SMA N egeri 10 Semarang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan E-Modul Matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terdapat di dalam kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-3 SMA N 10 Semarang semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dan diakhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, angket keterampilan kolaborasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase pada siklus I sebesar 69% pada kategori cukup. Siklus II sebesar 74% pada kategori cukup dan pada siklus III sebesar 80% pada kategori baik. Perolehan rata-rata persentase keterampilan kolaborasi siswa untuk tiap siklus meningkat dengan total peningkatan dari siklus I hingga siklus III sebesar 11%. Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 43% dengan rata-rata nilai 64,17, siklus II sebesar 57% dengan rata-rata 72,06, dan siklus III sebesar 80% dengan rata-rata 84,26. Terbukti bahwa model PBL dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan e-modul matematika dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Guru Profesional
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.