Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Kartu Misteri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Menulis Kalimat Sederhana Kelas II SD Negeri Bendungan

Authors

  • Ami Dwi Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Suyoto Suyoto Universitas PGRI Semarang
  • Anysatul Chayati SD Negeri Bendungan

DOI:

https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.233

Keywords:

Problem Based Learning, Kartu Misteri, Hasil Belajar

Abstract

Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang inovatif dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar pada materi menulis kalimat sederhana peserta didik kelas II di SD Negeri Bendungan yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar Bahasa Indonesia antara pra siklus dan setelah siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar. Sebanyak 28 peserta didik kelas II SD Negeri Bendungan menjadi peserta penelitian. Ukuran ketuntasan kelas minimal 60. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 16 peserta didik atau 57% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 22 peserta didik atau 79% yang tuntas belajar, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 26 siswa yang tuntas atau 93%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85% dari seluruh peserta didik.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dwi Lestari, A. ., Suyoto, S., & Chayati, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Kartu Misteri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Menulis Kalimat Sederhana Kelas II SD Negeri Bendungan. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(2), 129–137. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.233