Penerapan Vidio Pembelajaran Kontestual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas II
DOI:
https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.234Keywords:
Hasil belajar, Vidio pembelajaran, MatematikaAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa didasari oleh minimnya media pembelajaran khususnya dalam bidang matematika, yang menyebabkan siswa sulit untuk memahami materi. Penelitian ini dilaksanakan di n di SDN Pandeanlamper 03. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual.Subyek penelitian adalah siswa kelas II B berjumlah 26 Siswa. Penentuan subyekdiperoleh berdasarkan pengamatan dan masalah yang ditemui oleh peneliti selama mengajar dikelas tersebut. Tiap siklus memiliki 4 tahapan, yaitu : (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap observsi; dan (4) tahap refleksi.Hasil penelitian menunjukkan permasalahan dalam pembelajaran berangsur-angsurdapat diatasi dengan penggunaan media video pembelajaran. Berdasarakan hasil analisis data menunjukkan pada setiap siklus mengalami peningkatan. Hasil penelitian menujukan bahwa dengan menggunakan media Vidio Pembelajaran Kontektual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Hasil tes Evaluasi siklus I (prasiklus ) menunjukkan rata-rata sebesar 56 dengan persentasi ketuntasan 35%. Data siklus II rata-rata sebesar 77 dengan ketuntasan 78%. Data siklus III rata-rata hasil belajar siswa 87 dengan ketuntasan 96%. Jadi media video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika. siswa memperoleh nilai diatas 75 sebagai nilaike tuntasan minimal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Guru Profesional
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.