Peningkatan Hasil Belajar Muatan PPKn Melalui Model Problem Based Leraning Berbantu Media Koper kelas III SDN Sawah Besar 01
DOI:
https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.236Keywords:
Hasil belajar, Model Problem Based Learning, Media Koper, Muatan PPKnAbstract
Hasil belajar muatan PPKn di kelas III SDN Sawah Besar 01 sebelumnya rendah, disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang masih konvensional dan minim penggunaan media konkrit. Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam PPKn menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan media koper yang berfokus pada pentingnya kerjasama. Penelitian ini menjadi solusi penting dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pendekatan Problem Based Learning yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 26 peserta didik kelas III-B SDN Sawah Besar 01, dengan 14 laki-laki dan 12 perempuan. Alat yang digunakan meliputi butir soal, wawancara, dokumentasi, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan. Rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 68,30 pada prasiklus menjadi 69,19 pada siklus I, dan mencapai 88,19 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media koper efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam muatan PPKn, khususnya pada materi pentingnya kerjasama di kelas III-B SDN Sawah Besar 01 Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Guru Profesional
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.