kode etik Kode etik dan profesionalisme guru untuk meningkatkan mutu pendidikan

Guru Profesional

Authors

  • Laelin Reza UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Fatmawati Nur Khasanah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.26877/q78p3861

Keywords:

Guru; kode etik; profesionalisme

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis materi tentang kode etik dan keterampilan profesional seorang guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran atau mutu pendidikan. Metode yang digunakan yaitu tinjauan literatur, di mana informasi dikumpulkan dari beberapa buku-buku, jurnal dan berbagai sumber yang dapat dipercaya. Kesimpulan utama penelitian ini adalah materi kaidah etika dan profesionalisme guru sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Guru yang memiliki pemahaman etika dan profesionalisme yang baik mampu memberikan pengajaran yang berkualitas dan membina hubungan baik dengan siswa, orang tua, dan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pedoman etika dan profesionalisme guru secara signifikan meningkatkan kualitas pengajaran. Oleh karena itu, penting bagi lembaga pendidikan untuk memperhatikan dan memperkuat kaidah etika dan materi profesionalisme guru dalam kurikulum dan pelatihan guru.

References

A, Fattah. Peningkatan Pedagogis Guru Berbasis Keterampilan Dasar Mengajar di MI Nurul Karim NW Kebon Ayu Gerung Lombok Barat. Tronasformasi, 14(1), 2018.

Chintra, N. Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Ringin Wok Kota Semarang. Skripsi diterbitkan, (Online, 2017), (http://eprints.walisongo.ac.id/7660/1/1503016163.pdf), diakses 17 desember 2023.

Dewi, Safitri. menjadi guru professional. Riau : PT. Indragiri dot com, 2019.

Hamzah, B. Uno. Profesi Kependidikan Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Hia, Y. D, Sumarni and Armiati. Pelatihan Metode Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Pofesionalisme Guru SMA. Jurnal Pelangi, 8(2), 2016.

Indahyati. etika profesi keguruan. Yogyakarta : K-media, 2016.

Jumrah, Jamil. etika profesi guru. Sumatra Barat : CV. Azka Pustaka, 2022.

Maria, Titik Windarti. kode etik profesionalisme guru. Sulawesi Tengah : CV. Feniks muda sejahtera, 2023.

Murip, Yahya. Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung : CV Pustaka Setia, 2013.

Nurlaila. Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ta’dib, vol. 18 no. 2, 2013.

Ondi, saondi dan Aris Suherman. etika profesi keguruan. Bandung: Refika Aditama, 2010.

Rinto, Alexandro. Profesi keguruan menjadi guru professional. Palangka Raya : Guepedia, 2021.

Shilpy, A. Octavia. Etika Profesi Guru. Yogyakarta : CV.Budi Utama, 2012.

Supriyadi. Strategi Belajar & Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Downloads

Published

2025-10-13

How to Cite

kode etik Kode etik dan profesionalisme guru untuk meningkatkan mutu pendidikan: Guru Profesional. (2025). Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 3(1), 18-26. https://doi.org/10.26877/q78p3861