Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Authors

  • mohamad_akhyat mardiyanto Universitas pgri semarang
  • Muhammad Arief Budiman Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jpgp.v2i1.882

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint

Abstract

Latar belakang yang mendrong penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan motivasi belajar siswa. Hal tersebut di sebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk 1) Merancang dan mengembangkan media pembelajaran IPA Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan makhluk hidup berbasis powerpoint interaktif pada kelas 3 SDN Langkap. 2) Menguji hasil kelayakan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif untuk digunakan pada kelas 3 SDN Langkap.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis powerpoint dapat meningkatkan antusias mereka dalam belajar. Adapaun tempat penelitian dilakukan di SDN 02 Langkap dengan subjek uji produk pada 13 peserta didik kelas 3. Untuk mengetahui keefektifan produk tersebut maka teknik analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan hasil menggunakan kuesioner respon peserta didik dan validasi untuk guru dan peserta didik. Hasil produk pengembangan yaitu media pembelajaran berbasis powerpoint. Berdasarkan hasil validasi guru kelas memperoleh skor 3,34 dan 3,39 dengan kategori sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Gilakjani, A. P., Lai-Mei, L., & Ismail, H. N. (2013). Teachers' use of technology and constructivism. International Journal of Modern Education and Computer Science, 5(4), 49.

Jannah, N. F. (2017). Evaluasi Media Pembelajaran PowerPoint Pada Kurikulum 2013 Oleh Guru Mata Pelajaran Di SMP Negeri 2 Kudus. Unnes, 67.

Maria Resti Andriani, W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Inegratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria, 144.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hujair AH Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: kaukaba Dipantara.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

mardiyanto, mohamad_akhyat, & Budiman , M. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup . Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 2(1), 128–135. https://doi.org/10.26877/jpgp.v2i1.882