Hubungan Efikasi Diri Terhadap Perilaku Menyimpang
Efikasi Diri
DOI:
https://doi.org/10.26877/qdd11640Keywords:
Efikasi Diri perilaku menyimpangAbstract
Hubungan Efikasi Diri Terhadap Perilaku Menyimpang Kelas XI SMA Negeri 2 Kendal. Penelitian pada siswa dilatarbelakangi bahwa siswa sering melakukan perilaku menyimpang pada saat di kelas maupun di sekolah. Perilaku menyimpang yang biasanya dilakukan siswa di kelas maupun di sekolah diantaranya mencontek, terlambat sekolah, membolos, melanggar tata tertib aturan di sekolah, dan berbohong. Alasan peserta didik melakukan perilaku menyimpang adalah karena lingkungan sekitar siswa tersebut banyak yang melakukan perilaku menyimpang dan kurangnya perhatian orang tua kepada siswa tersebut menyebabkan siswa tersebut melakukan perilaku menyimpang di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan Efikasi diri terhadap perilaku menyimpang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 390 siswa. Sampel penelitian ini mengambil 25% dari populasi sehingga sampel yang digunakan sebanyak 97 orang siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Perilaku menyimpang