PENGARUH PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENABUNG SMP PGRI 1 SEMARANG

MENINGKATKAN MINAT MENABUNG SMP PGRI 1 SEMARANG

Authors

  • ELSA DEWI WULANSARI sri indaryani jurnal

DOI:

https://doi.org/10.26877/1pzh9g44

Abstract

Tulisan ini berfokus pada penelitian yang dilakukan oleh Elsa Dewi Wulansari dengan NPM 20110152, Penelitian ini adalah sebuah skripsi yang dipresentasikan dalam Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang pada tahun 2024. Dalam dunia pendidikan, minat menabung pada siswa menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok yang menggunakan teknik problem solving terhadap peningkatan minat menabung siswa kelas VII di SMP PGRI 1 Semarang. Minat menabung merupakan salah satu keterampilan keuangan yang penting untuk diajarkan kepada siswa sejak dini. Di SMP PGRI 1 Semarang, penelitian telah dilakukan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap minat menabung pada peserta didik kelas VII. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yang mencakup survei dan eksperimen, serta menggunakan desain pretest-posttest control group.

Kata kunci : bimbingan kelompok, teknik problem solving, minat menabung

Downloads

Published

2025-08-10