Pengaruh KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWI KELAS X TEKNIK PERMESINAN DI SMK N 5 SEMARANG
PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWI KELAS X TEKNIK PERMESINAN DI SMK N 5 SEMARANG
Keywords:
Konseling kelompok, Pendekatan realita, Penyesuaian DiriAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok pendekatan realita terhadap penyesuaian diri siswi kelas X teknik permesinan di SMK N 5 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yang digunakan yaitu pre- experimental design one- group pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 24 siswa perempuan, pada kelas X teknik permesinan 1 dan 2. Teknik pengumpulan sampling pada penelitian ini adalah menggunakan pusposive sampling. Berdasrkan uji hipotesis, diperoleh hasil Sig. (2-tailed) signifikansi p = 0,001 < p= 0,05. Artinya bahwa Ho ditolak, artinya Ha diterima, sehingga ada pengaruh konseling kelompok realita terhadap penyesuaian diri siswi kelas X teknik permesinan di SMK N 5 Semarang.
Kata kunci: Konseling kelompok, Pendekatan realita, Penyesuaian Diri