PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.26877/08m0g274Keywords:
Kepercayaan Diri, Perilaku MencontekAbstract
Berlian Zainafree. NPM 18110067. “Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Mencontek Pada Siswa SMP Kelas VIII Di SMP Mardisiswa”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dr. Suhendri, S.Pd., M.Pd., Kons. Dr.G. Rohastono Ajie, M.Pd. 2024.
Penelitian hubungan Kepercayaan diri dengan perilaku mencontek pada siswa dilaterbelakangi oleh siswa sering mencontek pada saat ulangan ataupun tugas rumah. Banyak cara yang digunakan salah satunya dengan menyalin tugas temanya, membawa catatan kecil saat ujian berlangsung. Alasan peserta didik mencontek karena ingin mendapatkan nilai yang maksimal karena tidak mengerjakan tugas rumah secara maksimal.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan koresional. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adlaah siswa SMP Mardisiswa kelas VIII. Yang digunakan sebagai try out kelas VIII A. Sedangkan sampel penelitian di kelas VIII A,B dan C. Sampling yang digunkaan adalah Teknik sampling sencus.
Data ini diperoleh melalui skala kepercayaan diri dan skala perilaku mencontek siswa. Hasil analisis korelasi antara kepercayaan diri dengan perilaku mencontek siswa sebesar 0,845 berada pada hubungan yang kuat sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa kepercayaan diri dengan perilaku menyontek memiliki hubungan yang kuat.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah mengurangi perilaku menyontek siswa dengan guru BK memberikan tindakan. Untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.