PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI KELAS 7 DI SMPN 1O TASIKMALAYA
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Diri siswa kelas 7 di SMPN 10 Tasikmalaya. Latar belakang permasalahan ini muncul seiring dengan tantangan yang dihadapi remaja dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan interaksi sosial yang baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan populasi penelitian adalah siswa kelas 7 di SMPN 10 Tasikmalaya dan sampel berjumlah 177 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang mengukur tingkat Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara Dukungan Sosial dan Penyesuaian Dirikarena nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) adalah 0.000 dimana lebih kecil dari 0.01, di mana nilai koefisiensi korelasi sebesar 0.402 dengan menggunakan uji non parametrik Spearman Rho. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan secara statistik antara Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri, dengan tingkat hubungan yang berada pada kategori cukup sesuai dengan rentang 0,40–0,599 dalam kriteria kekuatan korelasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin besar Dukungan Sosial yang diterima, semakin baik kemampuan seseorang dalam melakukan Penyesuaian Diri.
Kata kunci: Dukungan Sosial, Penyesuaian Diri, Siswa Baru