Meningkatkan Pemahaman Perilaku Seks Berisiko Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling

Meningkatkan Pemahaman Perilaku Seksual Berisiko Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling

Authors

  • Eva Yuliani Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/psikoedukasia.v3i2.1685

Keywords:

Seksual Berisiko, Bimbingan Kelompok Teknik Modeling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modeling dalam meningkatkan pemahaman mengenai perilaku seksual berisiko pada siswa kelas XI MAN 2 Kota Semarang. Menggunakan metode kuantitatif dengan 108 peserta didik sebagai responden, ditemukan bahwa skor rata-rata pre-test pada kelompok eksperimen sebesar 64,06%, sedangkan skor rata-rata post-test meningkat menjadi 93,26%. Dengan demikian, terdapat peningkatan pemahaman sebesar 29,2% setelah siswa mengikuti bimbingan kelompok dengan teknik modeling. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modeling berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman perilaku seksual berisiko pada siswa kelas XI MAN 2 Kota Semaran

Downloads

Published

2025-12-10