Hubungan Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Motivasi Belajar
Pola Asuh orang Tua Otoriter
Keywords:
Pola Asuh otoriter, Motivasi belajarAbstract
Abstract. The research on the relationship between authoritarian parenting parents and learning motivation of XII IPA students at SMA N 1 Comal was motivated by students who received authoritarian parenting styles and learning motivation. Authoritarian parenting styles are parenting styles that pressure all rules. It is parents who give assignments and determine various rules so that children are more obedient and submissive to rules.
In this study the method used was quantitative with a correlational type of research, the population in this study was 216. The research sample took 12% of the population so that the sample used was 70 students determined by the slovin technique. The data collection technique uses a scale of authoritarian parenting with learning motivation.
Pearson product moment correlation test results obtained sig. (2 tailed) obtained 0.035 <0.05, so Ha is accepted. This shows that there is a significant relationship between authoritarian parenting and learning motivation in class XII students at SMA N 1 Comal.
This relationship shows a negative relationship, because this relationship means that if the relationship is negative, this means that the higher the authoritarian parenting style of students, the lower the student's learning motivation, and vice versa if the lower the parenting style of authoritarian parents owned by students the higher the student's learning motivation.
Keywords: Authoritarian Parenting Pattern, Learning Motivation
Abstrak. Penelitian Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPA di SMA N 1 Comal dilatarbelakangi oleh siswa yang mendapatkan pola asuh orang tua otoriter dan motivasi belajar, Pola asuh orang tua otoriter adalah pola asuh yang menekankan segala aturan. Orang tualah yang memberikan tugas dan menentukan berbagai aturan sehingga anak lebih patuh dan tunduk atas peraturan.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini sebanyak 216. Sampel penelitian ini mengambil 12% dari populasi sehingga sampel yang digunakan sebanyak 70 orang siswa yang ditentukan oleh teknik slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pola asuh orang tua otoriter dengan motivasi belajar.
Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai sig. (2 tailed) diperoleh 0,035 < 0,05 maka Ha diterima hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua otoriter dengan motivasi belajar pada siswa kelas XII SMA N 1 Comal.
Hubungan tersebut menunjukan hubungan yang negatif, karena Hubungan tersebut memiliki arti bahwa jika hubungan yang bersifat negatife hal ini berarti semakin tinggi pola asuh orang tua otoriter siswa maka semakin rendah motivasi belajar siswa, dan juga sebaliknya jika semakin rendah pola asuh orang tua otoriter yang dimiliki siswa maka semakin tinggi motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Pola Asuh Otoriter, Motivasi Belajar