PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL

Authors

  • Kiki Amalia Universitas PGRI Semaramg

DOI:

https://doi.org/10.26877/psikoedukasia.v3i2.1822

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Perencanaan Karir

Abstract

Guru BK di SMA Negeri 1 Randudongkal belum pernah melaksanakan layanan bimbingan kelompok tentang perencanaan karir, namun guru BK pernah memberikan layanan dengan tema perencanaan karir siswa dengan menggunakan layanan bimbingan individu dan bimbingan klasikal Bimbingan kelompok ditujukan untuk mencegah timbulnya masalah pada siswa dan mengembangkan potensi siswa. Jadi bimbingan kelompok merupakan layanan yang tepat untuk memberikan kontribusi pada siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan rendahnya sikap prososial karena masalah tersebut harus secepatnya ditangani agar tidak menghambat siswa dalam proses sosial di sekolah. Penelitian ini merupakan penelian kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik terhadap perencanaan karir siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Randudongkal dengan pengaruh sebesar 64%. Hasil perencanaan karir siswa kelompok eksperimen, diperoleh nilai rata- rata persentase sebesar 86% dalam kategori sangat baik. Hasil perencanaan karir siswa kelompok kontrol, diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 84% dalam kategori sangat baik.

Downloads

Published

2025-12-10