Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Jigsaw Terhadap Pemahaman Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Limbangan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari layanan bimbingan klasikal dengan metode Jigsaw dalam pemahaman kesehatan reproduksi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Eksperimen Design dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX. Berdasarkan hasil pretest skala Kesehatan reproduksi pada siswa kelas IX menunjukkan bahwa pada kelas interval 104-128 sebanyak 2 siswa atau 6% berada pada kategori sangat tinggi, hasil postest skala Kesehatan reproduksi pada siswa kelas IX menunjukkan bahwa pada kelas interval 104-128 sebanyak 6 siswa atau 17% berada pada kategori sangat tinggi, maka hipotesis yang berbunyi layanan bimbingan klasikal dengan metode Jigsaw berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman mengenai kesehatan reproduksi siswa memiliki perbedaan yang signifikan, dilihat dari hasil perhitungan pretest dan postest.