H hubungan manajemen waktu dgn kemandirian belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium School Upgris
The relationship between time management and learning independence of class XI students at SMA Laboratorium School Upgris
DOI:
https://doi.org/10.26877/psikoedukasia.v3i2.1870Keywords:
Manajemen WaktuAbstract
Latar belakang penelitian ini karena banyaknya siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar yang rendah. Kondisi ini dipengaruhi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam mengelola waktu secara efektif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dengan kemandirian belajar pada siswa. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang menjadi objek penelitian berjumlah 54 siswa. Seluruh populasi tersebut digunakan sebagai sampel penelitian melalui teknik sampling jenuh. Hasil uji korelasi menggunakan Pearson Product Moment menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05), yang mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan antara variabel yang diteliti. Koefisien korelasi Pearson sebesar 0,584 mengklasifikasikan hubungan ini dalam kategori sedang, yang berarti manajemen waktu memiliki dampak cukup besar terhadap kemandirian belajar. Korelasi positif menunjukkan bahwa semakin baik manajemen waktu siswa, semakin tinggi tingkat kemandirian belajar mereka di kelas XI SMA Laboratorium School UPGRIS.
Kata kunci: Manajemen Waktu, Kemandirian Belajar