A Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas lll PGRI 1 Semarang
Pengaruh Bimbingan Kelompok
DOI:
https://doi.org/10.26877/psikoedukasia.v3i2.1894Keywords:
Retardasi mental, Kemampuan Psikomotorik ,Ekstrakurikuler seni tari.Abstract
Abstrak.
Sekolah merupakan tempat kedua setelah keluarga yang berperan penting dalam proses pendidikan dan perkembangan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Semarang. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode true eksperimen. Penelitian ini ini menggunakan pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil posttest kelas eksperimen dn kelas kontrol di atas. Pada kelas eksperimen didapatkan nilai tertinggi sebesar 84 dan nilai terendah sebesar 73 sementara pada kelas kontrol nilai tertinggi 87 dan terendah 82 Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving sangat bermanfaat bagi siswa di sekolah. Sehingga diharapkan pihak sekolah dapat mengimplementasikan pelaksanaan layanan dengan teknik problem solving. Guru Bimbingan Konseling dapat mengembangkan inovasi baru menggunakan teknik problem solving iniĀ
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, problem solving, Perilaku bullying