Hubungan antara efikasi diri dengan interaksi sosial siswa kelas X SMA NEGERI 1 KEMBANG

Hubungan antara efikasi diri dengan interaksi sosial siswa kelas X SMA NEGERI 1 KEMBANG

Authors

  • alfandy nur dwi putra nur agus UNIVERSITAS PGRI SEMARANG PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING
  • Siti Fitriana
  • MA Primaningrum Dian

Keywords:

efikasi diri, interaksi sosial

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah, yaitu: (1) beberapa siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kembang memiliki efikasi diri rendah; dan (2) beberapa siswa memiliki interaksi sosial rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara efikasi diri dengan interaksi sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Kembang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan survei dengan pengumpulan data menggunakan skala. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kembang berjumlah 72 siswa, terdiri dari kelas X IPS 1 berjumlah 36 siswa dan kelas X IPS 2 Berjumlah 36 siswa. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS 1 dan kelas IPS 2 di SMA Negeri 1 Kembang berjumlah 72 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan interaksi sosial dengan nilai signifikansi 2-tailed 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan berkorelasi. Derajat hubungan variabel efikasi diri dengan interaksi sosial dalam uji korelasi Pearson dengan nilai Pearson Correlation 0,758 > 0,61, maka variabel efikasi diri dengan variabel interaksi sosial berkorelasi dengan kategori kuat dalam bentuk hubungan positif. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan siginifikan antara efikasi diri dengan interaksi sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Kembang. Semakin tinggi variabel efikasi diri, maka semakin tinggi variabel interaksi sosial.

Downloads

Published

2024-03-28