Regulasi diri dalam belajar mahasiswa yang kuliah sambil bekerja

Authors

  • Isro'atul Muzamzamah Isro'atul Muzamzamah Universitas PGRI SEMARANG

Keywords:

Regulasi diri belajar, mahasiswa, Kuliah sambil bekerja

Abstract

Kuliah sambil bekerja saat ini bukan hal yang langka dilakukan oleh mahasiswa, kuliah sambil bekerja menjadi salah satu cara bagi mahasiswa untuk mewujudkan cita-citanya. Karena dengan kuliah sambil bekerja mahasiswa akan tetap dapat menempuh pendidikan pada jenjang perguruan tinggi. Alasan yang di berikan mahsiswa cukup beragam seperti mereka akan berharap dengan menempuh pendidikan pada perguruan tinggi mereka akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jenjang pendidikannya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaaimana regulasi dalam belajar para maahasiswa yaang kuliah sambil bekerja.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakaan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak tiga mahasiswa kelas karyawan prodi management di universitas PGRI Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawaancara mendalam dan dokumentasi. Selain tiga responden dari mahasiswa tersebut responden lainnya dari orang tua dan teman dekat dari mahaiswa tersebut.
Berdasaarkan dari analisis data yang dilakukan hasil dari penlitian ini Menurut ketiga subjek tersebut mahasiswa yang kuliah dengan bekerja, memutuskan untuk kuliah meskipun sudah bekerja yaitu karena memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk menetapkan tujuannya mencapaai cita-cita, dan untuk kepentingan karir mendatang. Selain dari aspek perencanaan aspek lain yaang sering di terapkan oleh mahasiswa yang kuliah dengan bekerja yaitu padaa aspek monitor diri,dan aspek kotrol atensi. Mahasiswa yang kuliah dengan bekerja memiliki perencanaan kegiatan yang cukup baik, karena hal ini sangat dibutuhkan oleh seseorang yang melakukan kegiatan dua peran, selain dari aspek perencanaan aspek yang sering di gunkan yaitu aspek kontrol atensi, dimana para subjek ini dapat memilih hal yang penting jadi para subjek ini selalu mementingkan kuliahnya dari pada pekerjaannya.

Downloads

Published

2023-12-31