Yogy Presetiya Kurniarahman1, Su PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TALKING CHIPS TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

1,2Universitas PGRI Semarang; Jl. Sidodadi Timur No. 24 Semarang, Karang Tempel, Kec. Semarang Tumur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, telp. (024)8316377 e-mail: rahmanyogy01@gmail.com

Authors

  • yogy rahman Universitas PGRI Semarang
  • suhendri suhendri Universitas PGRI Semarang
  • Agus Setiawan Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kesulitan belajar, Bimbingan kelompok, Talking chips

Abstract

Abstrak. Latar belakang yang mendorong Peneliti ini adalah dari hasil wawancara kepada guru BK dan siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. 1. Siswa belum bisa memaksimalakan cara belajar. 2. Siswa merasa kurang bersemangat dalam belajar yang efektif. 3. Siswa merasa malas dan mengantuk saat pembelajaran berlangsung. 4. Siswa masih menunda-nunda tugas. tidak Adakah Pengaruh Pemberian layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking chips Terhadap Kesulitan Belajar siswa Kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Tujuanya untuk mengetahui adakah Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Talking chips Terhadap Kesulitan Belajar siswa Kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dalam bentuk True Ekeperimen Desaign dengan desain pretest- posttest control grup design. Teknik pengumpulan data Populasi pada peneliti ini sebanyak 366 siswa, terdapat 11 jumlah kelas. Sampel yang terpilih adalah siswa yang melakukan kesulitan belajar kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang berjumlah dari 33 siswa kelas X4 kelompok ekperimen dan kelompok kontrol 30 siswa kelas X3 dengan menggunakan teknik talking chips. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat 3 tahapan dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik talking chips yaitu: 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap penilian. Dalam hasil penelitian ini terdapat perebedaan selisih skor pada siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik talking chips, dibuktikan pada hasil hipotesis signifikasi (2, tailed) sebesar 0,005.

Kata Kunci: Kesulitan belajar, Bimbingan kelompok, Talking chips

Downloads

Published

2024-03-28