THE RELATIONSHIP OF SELF-REGULATION IN LEARNING AND ACADEMIC PROCRASTINATION OF CLASS VIII STUDENTS INDONESIAN INSTITUTE JUNIOR HIGH SCHOOL
HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP INSTITUT INDONESIA
Keywords:
Prokrastinasi Akademik, Self-Regulated LearningAbstract
Prokrastinasi akademik masih menjadi dasar penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara prokrastinasi akademik dengan self-regulation dalam pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Institut Indonesia. Populasi penelitian ini adalah 108, dan metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. 80 siswa yang dipilih dengan menggunakan metode sampel jenuh dijadikan sampel penelitian. Skala prokrastinasi akademik dan regulasi diri dalam skala pembelajaran digunakan dalam proses pengumpulan data. Uji korelasi mengungkapkan bahwa sig. (2-tailed) dari 0,471 > 0,05 Konsekuensinya, dapat dikatakan bahwa prokrastinasi akademik dan self-regulation dalam pembelajaran memiliki hubungan yang substansial di antara siswa kelas VIII di SMP Institut Indonesia. Dengan tingkat korelasi yang sangat rendah, yang ditunjukkan dengan nilai Korelasi Pearson sebesar -0,082. Mengingat bahwa nilai r yang dihitung adalah negatif, koneksi ini menunjukkan hubungan negatif. Karena hubungan terbalik ini, prokrastinasi akademik lebih tinggi ketika self-regulation dalam belajar siswa tinggi dan sebaliknya ketika self-regulation dalam belajar rendah.
Kata kunci: Regulasi diri dalam belajar ; Prokrastinasi Akademik.