Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Metode Jigsaw untuk Peningkatan Pemahaman Kesehatan Reproduksi

Authors

  • Vina Vina Apriliani UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • suhendri suhendri Universitas PGRI Semarang
  • Chr.Argo Widiharto Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi siswa melalui layanan bimbingan klasikal metode jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif. Menurut Sugiyono (2018:7) menjelaskan bahwa penelitian kuantitatif sebagai metode ilmiah karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit/empiris, Cobyektif, terukur, rasional dan sistematis. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket kesehatan reproduksi, pre-test, dan post test. Hasil Penelitian diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa Ha “diterima” dan Ho “ditolak. Bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang sudah diberikan layanan bimbingan klasikal metode jigsaw dengan kelas kontrol yang tidak diberikan layanan serta perbandingan hasil rekapitulasi data pretest dan posttest kelas ekperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal metode jigsaw efektif untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi siswa SMK Garuda Nusantara Karangawen.

Kata kunci: Kesehatan Reproduksi, Metode Jigsaw

Downloads

Published

2024-03-28