Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik XI SMA N 3 Pati
Keywords:
Group Guidance, Discussion tehniques, self confidence, Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Kepercayaan diriAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kepercayaan diri peeserta didik. Metode penelitian ini menggunakan true experimental design dengan teknik desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dengan jumlah 394 peserta didik, terdapat 11 jumlah kelas. Sampel yang terpilih adalah XI-8 yang dipilih secara acak menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil analisis penelitian ini diketahui uji hipotesis diperoleh dengan nilai sig, 0,003 < 0,05, yang diartikan adanya perbedaan kepercayaan diri siswa terhadap kelompok yang diberikan treatment bimbingan kelompok teknik diskusi. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu layanan bimbingan kelompok Teknik diskusi dapat digunakan guru BK untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.