Hubungan Interaksi Sosial dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Sragi Pekalongan

Hubungan Interaksi Sosial dengan Kepercayaan Diri Siswa

Authors

  • venty venty Universitas PGRI Semarang
  • Tri Susilo Hartopo Universitas PGRI Semarang
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Ismah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Self-Confidence, Social Interaction , interaksi sosial, kepercayaan diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki korelasi antara interaksi sosial dan kepercayaan diri pada siswa kelas VII MTs NU Ma’arif Sragi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Sragi. Dari populasi tersebut, penelitian menggunakan teknik sampel jenuh dengan melibatkan 55 siswa dari dua kelas. Teknik analisis yang diterapkan adalah korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) mayoritas siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan memiliki tingkat interaksi sosial yang tergolong dalam kategori sedang, dengan jumlah 23 siswa atau prosentase 42%. 2) Mayoritas siswa pada kelas yang sama memiliki tingkat kepercayaan diri yang tergolong tinggi, dengan partisipasi sebanyak 19 siswa atau prosentase 35%. Temuan ini mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel, dengan nilai korelasi sebesar 0,471. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pihak sekolah dapat meningkatkan interaksi sosial dan kepercayaan diri siswa dengan menyajikan materi yang menarik sehingga dapat menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-03-28