Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Talking Chips Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Kedungwuni

Authors

  • Tata Fini Aditia Pratiwi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

bimbingan kelompok, talking chips, minat belajar

Abstract

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini terkait peningkatan minat belajar siswa kelas XI SMA N 1 Kedungwuni. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chips. Jenis penelitian ini kuantitatif dalam bentuk true experimental design dengan desain pre-test dan post-test control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA N 1 Kedungwuni tahun ajaran 2022/2023. Sample diambil menggunakan simple random sampling yang diambil sebanyak 26 siswa, 13 siswa untuk kelompok eksperimen dan 13 siswa untuk kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian berupa skala psikologis minat belajar. Berdasarkan perhitungan analisis data diketahui bhawa hasil pre test pada kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata sebesar 80%  dan hasil post test pada kelompok eksperimen menjadi 82% . Berdasarkan hasil skor rata-rata tersebut  dapat diartikan bahwa minat belajar pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan 2% setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik talking chips. Dan diperoleh nilai sig (2tailed) 0.000, sehingga 0,000< 0,005 artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi “terdapat efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chips untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA N 1 Kedungwuni”.

Downloads

Published

2024-12-01