HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA MAHASISWA PEREMPUAN TINGKAT AKHIR DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Authors

  • Hiddatin Niha Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian hubungan antara kecerdasan emosional dengan kepercayaan diri pada mahasiswa perempuan tingkat akhir Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang dilatarbelakangi oleh banyaknya individu yang mengalami permasalahan terhadap krisis kepercayaan diri. Menurunnya tingkat kepercayaan diri yang dimiliki oleh individu khususnya pada mahasiswa perempuan tingkat akhir yang rentan terhadap masalah kepercayaan diri ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional terhadap kepercayaan diri. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel penelitian ini berjumlah 87 mahasiswa perempuan tingkat akhir Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang yang diambil menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner skala kepercayaan diri dan kecerdasan emosional. Hasil uji Pearson Product Moment diketahui nilai sig. (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kepercayaan diri. Diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (r) adalah 0.656 dengan taraf positif. Dengan ini artinya semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki individu maka akan semakin tinggi pula kepercayaan dirinya.

Kata kunci: Kepercayaan Diri, Kecerdasan Emosional.

Downloads

Published

2024-12-01