PENERAPAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MEREDUKSI STRESS AKADEMIK SISWA KELAS X NAUTIKA SMK NEGERI 10 SEMARANG
APPLICATION OF RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TECHNIQUES IN REDUCING ACADEMIC STRESS OF CLASS X NAUTIKA STUDENTS OF SMK NEGERI 10 SEMARANG
Keywords:
Konseling Kelompok, Teknik REBTAbstract
Sebagaimana telah diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa stres akademik merupakan suatu gangguan jiwa yang disebabkan oleh tuntutan akademik. Hal ini disebabkan oleh adanya respon terhadap suatu kondisi ketidaksesuaian antara tuntutan lingkungan dengan sumber daya aktual yang dimiliki siswa terhadap prestasi akademik dan kemampuan untuk mencapainya, sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan respon individu baik secara fisik, psikologis maupun dalam prestasi belajarnya, sehingga semakin terbebani oleh berbagai tuntutan dan tekanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi stres akademik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMKN 10 Semarang kelas X jurusan Nautika, sampel yang diambil sebanyak 41 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengacu pada purposive sampling atau pengambilan sampel secara objektif. Hasil analisis data menggunakan uji-t dimana output Paired T-Test, nilai sig uji-t pada tabel output < 0,05. Dan pada uji normalitas untuk masing-masing pengujian diperoleh nilai sig sebesar 0,447 dan 0,320 untuk masing-masing pengujian sehingga terdapat pengaruh konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menurunkan stres akademik siswa kelas X Nautika di SMK Negeri 10 Semarang. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) memiliki pengaruh dalam menurunkan stres akademik siswa kelas X Nautika di SMKN 10 Semarang.
Kata Kunci: (Konseling Kelompok, REBT, Stres Akademik)