Hambatan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Memecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Authors

  • Yoga Azhari Wicaksono Universitas PGRI Semarang
  • Supandi Universitas PGRI Semarang
  • Aryo Andri Nugroho Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jpgp.v2i1.488

Keywords:

Critical Thinking, Impulsive Cognitive Style, Reflective Cognitive Style

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan berpikir kritis dalam memecahan masalah aritmatika sosial ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII C MTs MA’ARIF NU 09 Kutawis. Subjek yang dipilih pada penelitian ini yaitu satu subjek dengan gaya kognitif reflektif dan satu subjek dengan gaya kognitif impulsif. Pemilihan subjek berdasarkan hasil dari tes MFFT (Matching Familiar Figures Test). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Subjek dengan gaya kognitif reflektif tidak ada hambatan dalam berpikir kritis. 2) Subjek dengan gaya kognitif impulsif terdapat hambatan dalam berpikir kritis yaitu pada indikator interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi.

References

Armudin, Afni Yanti, Anies Fuady, and Yuli Ismi Nahdiyati Ilmi. "ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF PADA MATERI GARIS DAN SUDUT PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 3 KEPANJEN." Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran 17.31 (2022).

Arum, Nur Sukma Kusumaning, M. Saifuddin Zuhri, and Muhammad Prayito. "Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Kemampuan Matematika." Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4.6 (2022): 519-527.

Azhil, Imam Muhtadi. "Profil pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif." JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) 2.1 (2017): 60-68.

Buchori, Achmad, et al. "Pengembangan mobile learning pada mata kuliah geometri dengan pendekatan matematik realistik ditinjau dari kemampuan berpikir kritis mahasiswa." JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 1.2 (2015): 113-121.

Christiyanto, Dana Yuli, I. Made Sulandra, and Rustanto Rahardi. "Proses berpikir kritis siswa reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3.10 (2018): 1347-1358.

Creswell, J. W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar. (2008).

Dwijayanti, Ida. "PROFIL KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF PADA MASA PANDEMI COVID-19." Jurnal Silogisme Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya 7.1 (2023).

Hardiyanti, Agustina Hesti, and Silvia Sayu. "Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Field Dependent dan Field Independent Materi Segitiga dan Segiempat." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 8.12 (2019).

Kagan, Jerome. "Reflection-impulsivity: The generality and dynamics of conceptual tempo." Journal of abnormal psychology 71.1 (1966): 17.

Khairuni, Kiki, and Rora Rizky Wandini. "Strategi Butterfly dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa." : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (2023).

Lala, Crysanti, Muchtadi, and Sandie. "ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF." J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika 5.1 (2023): 683-694.

Munawaroh and B. Sugiarto. "Profil metakognisi siswa dalam memecahkan masalah kelarutan dan hasil kali kelarutan berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif." UNESA Journal of Chemical Education 3.3 (2014): 193-200.

Noor, Naili Luma’ati. "Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari gaya kognitif implusif dan reflektif." Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 2.1 (2019): 37-46.

Nur, Andi Saparudin, and Markus Palobo. "Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender." Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 9.2 (2018): 139-148.

Nurlan, Nurul Fatimah, Agustan, and Sulfasyah. "Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Refraktif terhadap Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar." Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 5.1 (2023): 39-44.

Palupi, Doni Dwi, Titik Sugiarti, and Dian Kurniati. "Proses berpikir kritis dalam memecahkan masalah terbuka berbasis polya sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi siswa kelas VII-B SMP Negeri 10 Jember." Kadikma 8.3 (2017): 162-172.

Ponidi, and Masayuki Nugroho. 2020. “Matematika – Modul 6. Aritmetika Sosial i,” 1–58. (2020).

Rasiman and Asmarani. ‘’Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditimjau Dari Gaya Kognitif’’. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1 No 2. ISSN 2502-7638. (2017).

Warli. "Kreativitas siswa SMP yang bergaya kognitif reflektif atau impulsif dalam memecahkan masalah geometri." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang 20.2 (2013): 190-201.

Vianjaya, Zulvina Rizka, Muhammad Saifuddin Zuhri, and Rina Dwi Setyawati. "Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer." Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4.3 (2022): 268-275.

Wulandari, Laila. "Upaya meningkatkan kemampuan kreativitas matematis melalui STEM materi koordinat kelas VIIIA SMP negeri 1 Magelang." Jurnal Profesi Keguruan 5.1 (2019): 23-30.

Yohanie, Dian Devita, and Samijo Samijo. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Modul Analisis Vektor Berdasarkan Tahapan 4M." Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran). Vol. 3. 2019.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Yoga Azhari Wicaksono, Supandi, & Aryo Andri Nugroho. (2024). Hambatan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Memecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Kognitif . Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 2(1), 77–92. https://doi.org/10.26877/jpgp.v2i1.488