Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
Keywords:
kurikulum; merdeka; berdiferensiasi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih lanjut mengenai pembelajaran yang berpusat pada murid dalam implementasi kurikulum merdeka di SD. Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan salah satu bentuk upaya dalam serangkaian pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan peserta didik dalam hal kesiapan belajar, profil belajar siswa, minat dan bakat. Desain penelitian ini merupakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang diarahkan untuk menganalisis penerapan pembelajaran diferensiasi yang dilakukan oleh guru-guru kelas I, II, IV, dan V di SD Negeri Krajan 04 Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara. Pembelajaran berdiferensiasi mampu membantu murid mencapai hasil belajar optimal, karena produk yang akan mereka hasilkan sesuai minat mereka. Dengan Pembelajaran berdiferensiasi, guru telah mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada murid.
References
Afista, Yeyen, Ali Priyono, and Saihul Atho Alaul Huda. 2020. Analisis Kesiapan Guru Pai Dalam Menyongsong Kebijakan Merdeka Belajar. JoEMS: Journal of Education and Management Studies. 3(6):53–60. https://www.ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/338
Anita Jojor, Hotmaulina Sihotang. 2022. Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(4): 5150 – 5161. http://repository.uki.ac.id/8161/1/AnalisisKurikulumMerdeka.pdf
Astiningtyas, Anna. 2018. Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(1):60. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/5340
Dewi Rahmadayanti, Agung Hartoyo. 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. BASICEDU: Journal of Elemtari School. 6(4): 7174-7187. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3431/pdf
I Made Raga Jenyana. 2022. Pembelajaran yang Berdiferensiasi. Jurnal Inovasi Jurnal Guru. 2(17). http://jurnalinovasi.org/index.php/IJG/article/view/267
Ineu Sumarsih, Teni Marliyani, Yadi Hadiansyah, Asep Hernawan, Prohantini. 2022. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(5): 8248-8258.
Ismail Marzuki, M.Luthfi Oktarianto. 2022. Pendampingan Pembelajaran dengan Paradigma Baru Bagi Sekolah Penggerak Terkait Asesmen Pembelajaran. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat. 4(2): 300-309. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPM/article/view/1632
Marisa, Mira. 2021. Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ Di Era Society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora. 5(1):72. doi: 10.36526/js.v3i2.e-ISSN.
Restu Rahayu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, Prihantini. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. BASICEDU: Journal of Elemtaru Education. 6(4), 6313-6319. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3237/pdf
Ruhaliah, Yayat Sudaryat, Retty Isnendes, and Dian Hendrayana. 2020. Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran ‘Merdeka Belajar’ Bagi Guru Bahasa Sunda Di Kota Sukabumi. Dimasatra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):42–55. https://ejournal.upi.edu/index.php/dimasatra/article/view/30157
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan kurikulum Baru :Analisis Peran guru dalam dalam kebijakan kurikulum baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3172
Syamsir Kamal. 2021. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. JULAK: Jurnal Pembelajaran & Pendidik. 1(1). https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPM/article/view/1632
Wiwin Herwina. Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. 2021. Perspektif Ilmu Pendidikan. 35(2). 175-182. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/22057/11386
Wiyogo, Andri. 2020. Dampak Kurikulum Merdeka Terhadap Guru Dan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai 21(1):1–9.