ANALISIS PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SLOW LEARNER
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.1024Keywords:
Pendekatan TaRL, Pembelajaran Matematika, Slow LearnerAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan TaRL dalam memahami ide, langkah-langkah, atau operasi matematika pada siswa yang termasuk dalam kategori Slow Learner. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif kepada 2 siswa dengan kategori slow learner dan 1 guru kelas III. Teknin pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan kategori slow learner dalam kesulitan memahami ide-ide, langkah-langkah dan juga operasional dalam matematika dapat memahami pembelajaran matematika setelah guru membantu mereka dengan cara menjelaskan kembali materi yang siswa tidak mengerti atau kurang pahami dan juga memberikan contoh-contoh sederhana menggunakan alat bantu ajar yang dimana memudahkan siswa untuk mengetahui dan memahami tentang ide-ide, langkah-langkah, dan juga operasional dalam matematika.
References
Aditya, D. Y., Solihah, A., & Kamali, A. S. (2022). Sistem Operasi Matematika Dalam Kebudayan Masyarakat Sragen Jawa Tengah. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 79–89. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1556
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Alfiana, F., Wahyuningsih, R., & Jamaluddin, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Pendekatan TaRL Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2800–2804. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1783
Andini, D. D. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa Kelas 5 Sdn Tajungan. EduCurio Journal, 2(3), 343–347.
Aziza, M. (2021). Pengembangan E-Module Audiovisual Operasi Aritmatika Dasar Berbasis Pemahaman Konsep Dan Nilai-Nilai Akhlak. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 237. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n2.p237--258
Bhuvana Devi, N., Kalaivani, M., & Sridevi, J. (2016). A study on QTM (quality in teaching methodology) with special reference to engineering colleges. International Journal of Applied Business and Economic Research, 14(8), 5425–5447.
Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 12407–12418. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2842833
Dewi, N. L., Sukamto, & Prasetyowati, D. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4979–4994. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1127
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1). 69-78
Forniawan, A., & Wati, D. R. (2024). Analisis dan Tindak Lanjut Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Sekolah Dasar. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4(2), 164–179. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7962
Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (2022). Media penelitian kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Hidayatni, N., & Fathani, A. H. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL. Mathema Journal, 5(2), 312–324.
Hs, K., & Usman, D. (2020). Kemampuan Siswa Menyatakan Ide Matematika dalam Bentuk Ilustrasi melalui Model Discovery Learning di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(2), 146–157.
Ibrahim, Putri, D. A. A., & Putri, O. R. (2023). Pengaturan Pengelompokan Siswa Pada Lembaga Pendidikan Formal. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 2986–4194. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.957
Jumriati, J., Ningsyih, S., & Cahyadi, A. T. (2025). Pengaruh Penerapan Model Teaching at The Right Level (TARL) terhadap Kesulitan Membaca Anak Slow Learner pada Siswa Kelas 3 SDN 65 Jatibaru Kota Bima. Indonesian Research Journal on Education, 5(4), 747–757. https://doi.org/10.31004/irje.v5i4.3115
Kusnarto, Arum, D. P., Anggraeni, N. D., Nurhayati, E., & Putri, E. A. (2023). Analisis Membaca Menggunakan Mind Mapping Pada Anak Slow Learner. Erin Anggita Putri INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4683–4694.
Lamaizi, E. M., Zraoula, L., & Wahbi, B. E. (2024). The Impact of TaRL Approach on Learning Convergence of Numerical Sequences: A Case Study in the Moroccan Educational Context. Mathematics Teaching-Research Journal, 16(5), 265–280.
Lestari, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Cacah Dengan Model Permainan Lacak Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 011 Titian Resak. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1.No.4, 144–149.
Mulyati, S., Nur, S., & Syahid, A. (2021). Pendekatan Individual dalam Perkembangan Anak Didik. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 159–169. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i2.399
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Mustafa, S., Riana, R., Baharullah, B., & Maming, K. (2024). The Collaboration of Teaching at the Right Level Approach with Problem-Based Learning Model. Open Education Studies, 6(1). Scopus. https://doi.org/10.1515/edu-2024-0046
Naifio, E. R. M., Fitriani, & Siahaan, M. M. L. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII berdasarkan Taksonomi Solo (Structure Of Observed Learning Outcomes) pada Materi Perbandingan. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 67–78. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.5441
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Dr. Hj. Me). CV. Harfa Creative.
Ningsyih, S., Yuliance, S., Haryati, M. S., Syarifudin, Zulharman, & Ahyar. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Melalui Pembelajaran TaRL pada Program Gemar Literasi Sekolah Dasar. STKIP Taman Siswa Bima, 1–5. http://semnas.tsb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/142%0Ahttp://semnas.tsb.ac.id/index.php/prosiding/article/download/142/95
Rahmat, W., Marzuki, K., & Rahayu, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Teaching At the Right Level (Tarl) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 17 Pare-Pare. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 2830–0866. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp
Ru’iya, S., Kistoro, H. C. A., & Masduki, Y. (2023). MODEL OF RELIGIOUS EDUCATION FOR SLOW LEARNER CHILDREN IN INCLUSIVE SCHOOLS IN INDONESIA. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(2), 475–494. Scopus. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i2.861
Sovia, A., Murdiyanto, T., & Antari Wijayanti, D. (2023). Praktikalitas Buku Ajar Pecahan Untuk Slow Learner Di Sekolah Dasar. Jurnal Math-UMB.EDU, 11(1), 86–93. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i1.5859
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470–479. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Wahidin, W., & Novitasari, N. D. (2022). Mathematical Disposition of Slow Learners’ Conceptual Understanding using Bruner’s Theory. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(2), 300. https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i2.4986
Widyasari, N., & Lestari, I. (2023). Pengembangan Lampu Pintar Perkalian Dan Pembagian (Lampiran) Berbasis Arduino Pada Materi Bilangan Bulat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1639. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.5614
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Larasati Ramadhana, Nurbaiti Widyasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

